Viral Video PHK Massal Ratusan Karyawan, Netizen Ikutan Sedih

Viral Video PHK Massal Ratusan Karyawan
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram

VIVA – Pandemi COVID-19 selama beberapa bulan terakhir membuat berbagai sektor usaha harus memikirkan berbagai cara agar bisa bertahan. Tak sedikit perusahaan yang memilih gulung tikar dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawan, karena tak mampu lagi beroperasi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sebuah video yang viral menjadi perbincangan warganet di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat beberapa orang pejabat perusahaan tengah mengumumkan pemutusan hubungan kerja terhadap ratusan orang karyawannya.

Baca juga: Terhantam Corona, Restoran Pizza Ini Bakal PHK 1.100 Pekerja

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Di depan sebuah gedung, terlihat ratusan karyawan tersebut berdiri memadati halaman. Saking banyaknya, ribuan karyawan tersebut sampai nyaris memadati semua sisi halaman.

"Sumpah ini sedih banget. Semua karyawan di-phk, kalian bisa bayangin gak sih betapa sedihnya. Banyak orang yang menggantungkan hidupnya di sini. Ada yang harus menjadi tulang punggung keluarga, ada yang membiayai keluarganya, kuliah sambil kerja," tulis keterangan video yang diunggah akun Instagram @fakta.indo.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Menurut keterangan dalam video, jumlah orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja lebih banyak dari yang terekam dalam video. Sebab pengumuman PHK tersebut dibagi di dua tempat berbeda.

"Sedih harus pisah karena sudah kayak keluarga. Tapi mau bagaimana lagi, sukses kalian semua," tulis keterangan video itu.

Baca juga: Banjir Jakarta, 104 Jiwa Mengungsi dan 63 RT Terendam

Unggahan tersebut viral dan dikomentari oleh warganet yang turut sedih. Beberapa warganet juga mengaku mengalami nasib serupa karena pandemi COVID-19 sehingga terpaksa menganggur.

"Jadi sedih. Tahu gak kenapa jadi kayak separah ini ? Karena awal corona masuk semua negara lockdown kecuali kita," ujar seorang netizen.

"Jangan sedih kawan, kita senasib, sedih boleh tapi jangan berhenti berusaha, buka lapangan pekerjaan untuk orang sekitarmu ada yang dari kampung silahkan buka lapangan pekerjaan untuk orang sekitarnya," kata warganet lainnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya