Video Cerita Yusril Disopiri BJ Habibie Ngebut di Jalanan Hamburg

Yusril Ihza Mahendra
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat, Jakarta, Rabu petang, 11 September 2019. Habibie wafat di usia 83 tahun.

Prabowo: Dulu RI Diejek Tak Bisa Bikin Peniti, Sekarang Sudah Bisa Buat Pesawat

Ahli hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra adalah salah satu orang yang cukup mengenal dan dekat dengan Habibie, dan karena itu, merasa sangat kehilangan akan sosok kebapakan sang mantan presiden.

Yusril bercerita, perkenalan dan interaksinya dengan Habibie kali pertama saat menjadi staf presiden Soeharto yang bertugas sebagai penulis naskah-naskah pidato pada tahun 1996. Waktu itu dia sudah sering berinteraksi karena Habibie sudah menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi.

Transformasi Digital untuk Melahirkan 'Habibie Muda'

Interaksi Yusril dengan Habibie kian intensif ketika Habibie menjabat presiden untuk menggantikan Soeharto pada tahun 1998. Yusril jugalah yang menuliskan dan menyiapkan naskah-naskah pidato Habibie sebagai presiden.

Bertahun-tahun kemudian, lama setelah Habibie lengser dari kepresidenan dan meninggalkan dunia politik, Yusril menemui Habibie di rumahnya di luar kota Hamburg, Jerman. Habibie tiba-tiba mengajaknya berkendara mobil menyusuri jalanan kota Hamburg. Habibie di belakang kemudi dan memacu kencang-kencang mobilnya, sementara Yusril ngeri khawatir kecelakaan.

Berpengalaman di Pemerintahan dan Hafal Seluk Beluk Istana, Yusril Isyaratkan Siap Maju Capres

Simak cerita lengkap Yusril tentang peristiwa Habibie ngebut di jalanan itu dalam video berikut ini:

>
Ilustrasi energi baru terbarukan.

Transisi Energi Akan Bermakna Jika Libatkan Masyarakat Sebagai Produsen

Melibatkan masyarakat lokal sebagai mitra yang strategis dalam transisi energi, dan menempatkan produksi energi terbarukan lebih dekat ke tempat konsumsi energi. 

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2023