VIDEO: Nadiem Makarim Mengklarifikasi Kabar Penghapusan UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengklarifikasi kabar tentang penghapusan Ujian Nasional (UN) sebagai syarat kelulusan siswa. Menurutnya, UN tetap ada; kebijakan yang dihapuskan adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Nadiem menjelaskan, USBN yang selama ini menjadi syarat kelulusan siswa dan semula diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, diubah prosedurnya menjadi diselenggarakan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah mulai taun 2020. Sekolahlah yang akan membuat soal dan menentukan kelulusan para siswa.

Meski demikian, kata Nadiem, USBN tetap harus merujuk pada kompetensi dasar sesuai kurikulum yang disusun pemerintah pusat. Kebijakan itu juga sesuai dengan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Presiden Joko Widodo mendukung kebijakan Nadiem Makarim. Menurutnya, ujian yang menjadi syarat kelulusan siswa akan diganti dengan program assesment, yang meliputi penilaian kompetensi, literasi, dan karakter.

Simak penjelasan dan klarifikasi Nadiem Makarim dalam video berikut ini:

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen
Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024