VIDEO: Ditemukan Batu Bertumpuk di Ciamis Diduga Situs Kerajaan Kuno

Warga Desa Sukaharja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dihebohkan dengan penemuan batu susun yang diduga peninggalan satu kerajaan kuno, Kerajaan Galuh.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Warga Desa Sukaharja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dihebohkan dengan penemuan batu susun yang diduga peninggalan satu kerajaan kuno, Kerajaan Galuh, di sebuah perbukitan. Tim ahli arkeologi masih menelitinya dan belum dipastikan situs purbakala atau bukan.

Misteri Sumber Kekayaan Nabi Sulaiman yang Baru Saja Terkuak

Bagian tengah bukit dengan batu susun itu menyerupai sebuah pintu gerbang tetapi tertutup. Tinggi keseluruhannya mencapai 50 meter dan luas areanya lebih dari 300 meter persegi, berhadapan dengan hamparan sawah.

Seorang arkeolog menengarai bahwa batu bertumpuk itu hanyalah batu alam yang terbentuk secara alamiah akibat proses kikisan. Namun, katanya, dugaan itu pun masih diteliti, meski masyarakat setempat meyakini di sana memang ada peninggalan kerajaan kuno.

3 Fakta Aturan Umat Hindu Diperbolehkan Ibadah di Masjid yang Tuai Kritik

Para arkeolog sementara ini hanya mengetahui bahwa di sekitar lokasi itu banyak batu andesit, yang sebagiannya digunakan oleh Kerajaan Galuh untuk bangunan-bangunan kerajaan mereka. Berdasarkan sejumlah naskah kuno, disebutkan Kerajaan Galuh beribu kota di sekitar sana. (ase)

Ngeri, Jejak Kehidupan Masa Lalu Muncul di Tengah-tengah Perumahan
>
Makam Orang Kaya Kuno Ini Ada di Tempayan

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Belum lama ini sebuah penemuan arkeologi yang mengejutkan telah mengungkapkan kisah keluarga yang menyentuh dari zaman Romawi kuno di Bulgaria. Ada makam yang tidak biasa

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024