Musala Kecil Para Perantau Muslim di Utrecht Belanda
Selasa, 13 Juni 2017 | 12:47 WIB

Musala Kecil Para Perantau Muslim di Utrecht Belanda

Saat Ramadan, musala kecil sewaan ini penuh sesak dengan jemaah.
Musala kecil di Kota Utrecht, Belanda.
Photo :

Musala kecil di Kota Utrecht, Belanda.

VIVA.co.id – Di setiap bulan suci Ramadan, tempat ini menjadi begitu favorit di kalangan komunitas Muslim Indonesia di Kota Utrecht. Bangunan yang kami jadikan tempat berkumpul, berinteraksi dan menjalankan aktivitas spiritual atau keagamaan.

Memang bukan gedung yang megah. Hanya berupa bangunan sederhana bekas minimarket yang disewa dari uang gotong-royong jemaah. Namun bangunan kecil nan bersahaja itu bagaikan oase sejuk pelepas dahaga di tengah hiruk pikuk ritme kehidupan barat bagi komunitas Muslim Indonesia yang tergabung dalam organisasi Stichting Generasi Baru (SGB-Utrecht) yang diketuai oleh Bapak Supardi Hasanudin.

Musala yang beralamat di Jalan Bazelstraat nomor 31 ini terletak di jantung kota Utrecht. Kota Utrecht dahulu merupakan kota keuskupan lama Belanda. Jadi, tidak mengherankan apabila landmark kota ini adalah domkerk (menara gereja). Utrecht adalah kota terbesar keempat di Belanda setelah Amsterdam, Den Haag, dan Rotterdam. Populasi penduduknya tidak lebih dari 400 ribu orang dengan jumlah penduduk Muslim sekitar 13 ribu orang yang berasal dari Indonesia, Suriname, India, Pakistan, Turki, Maroko, dll.

loading...
Artikel Terpopuler