Jejak Para Petualang Mahasiswa Timur di Jakarta

Komunitas mahasiswa Indonesia Timur.
Sumber :

VIVA – Universitas Pancasila adalah nama perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Tempat mahasiswa menimba ilmu dan untuk memperjuangkan masa depan mereka. Perguruan tinggi inilah yang mempersatukan keberagaman suku, budaya, dan juga agama.

Pergilah Dinda Cintaku

Ikamatisila adalah salah satu komunitas mahasiswa timur Indonesia yang ada di Universitas Pancasila. Ikamatisila singkatan dari Ikatan Mahasiswa Timur Pancasila. Komunitas ini sudah ada sejak lama, namun masih terdiri dari anak-anak Papua saja. Dan karena jumlah anggota yang hanya sedikit membuat komunitas ini sempat terhenti.

Karena rasa kepedulian dan kekeluargaan yang tinggi, akhirnya menjadi alasan yang kuat untuk mempertahankan komunitas ini. Hanya saja dibuat sedikit perubahan. Awalnya hanya terdiri dari sekumpulan anak-anak Papua, sekarang sudah menjadi kumpulan semua anak dari timur Indonesia.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Dalam komunitas ini hanya ada keluarga. Tidak ada lagi yang namanya anak Papua, anak Maluku, anak NTT dan lain-lain. Kami merasa senasib, seperjuangan, dan saling membutuhkan. Kami ada karena kami ingin menunjukkan identitas kami di sini. Keinginan terbesar kami adalah mengubah mindset buruk orang terhadap anak-anak Timur. Di mata mereka, kami sering dipandang dengan sebelah mata sebagai orang memiliki karakter negatif.

Kami perantau dan mengadu nasib di tempat orang. Kami mencoba mewujudkan mimpi-mimpi yang kami tanamkan sejak masa kecil. Kami datang dengan sejuta harapan dan atas doa restu keluarga kami. Kami ingin membuktikan bahwa kami pun mampu bersaing dan mengukir prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Komunitas ini resmi berdiri pada 20 November 2017, yang diketuai oleh saudara Ariel Paulo Branco Demny dari Fakultas Teknik Arsitektur angkatan 2014. Hingga sekarang, anggota yang telah tercatat sebanyak 112 orang yang berasal dari tujuh fakultas.

Visi dari komunitas ini adalah membentuk suatu komunitas dengan berlandaskan kekeluargaan sebagai wadah mahasiswa dari Indonesia Timur di Universitas Pancasila.  Dengan komunitas ini diharapkan dapat menjadi komunitas berjiwa muda yang fokus berkarya, turut berkontribusi dalam memperkenalkan dan memajukan seni dan budaya dari timur Indonesia, dan memprioritaskan pendidikan sebagai tujuan utama.

Adapun misi dari komunitas ini adalah mewujudkan mahasiswa yang berkarakter, bermoral, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Membangun komunitas atau perkumpulan dengan dilatarbelakangi oleh pola pengkaderan yang jelas dan berkesinambungan.

Membentuk mahasiswa yang memiliki jiwa sosial dan rasa kekeluargaan tinggi sebagaimana adat istiadat yang sudah ada di Indonesia Timur yang mampu mengubah pandangan buruk orang terhadap orang Timur. Menjalin dan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa timur dengan prinsip kekeluargaan. Berkarya dalam seni dan budaya tanpa ada kata berhenti.

Tujuan kami adalah membentuk mahasiswa yang beriman dan berakhlak mulia, kreatif, inovatif, produktif, kontributif, dan emosional mahasiswa dengan mengedepankan aspek edukasi dan sosial. Dan yang tak pernah terlupakan adalah salam persaudaraan kami yaitu, jabat erat silahturahmi, kasih pica dengan bunyi. (Tulisan ini dikirim oleh Madrid De Fretes, Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya