Potret Perilaku Penumpang Saat Uji Coba MRT Ini Bikin Miris

Perilaku penumpang di MRT.
Sumber :
  • Twitter @Sutopo_PN

VIVA – Moda transportasi modern terbaru di Jakarta yaitu Moda Raya Terpadu atau MRT baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu, 24 Maret 2019 kemarin. Sebelum diresmikan, transportasi umum ini sebelumnya telah melalui proses uji coba terlebih dahulu sejak 12 Maret 2019 lalu.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Dalam masa uji coba tersebut, masyarakat diizinkan untuk menikmati MRT dengan gratis. Hadirnya MRT memang disambut hangat oleh berbagai kalangan masyarakat. Antusias mereka terhadap fasilitas transportasi modern di ibu kota ini memang terlihat sangat tinggi. Hal itu terbukti dari begitu banyaknya orang yang datang untuk mencoba.

Namun sayang, antusias mereka yang tinggi terhadap hadirnya MRT tidak diimbangi dengan sikap tertib dan beradab saat mencobanya. Beberapa perilaku penumpang yang dianggap tidak patut langsung menjadi sorotan dan viral di dunia maya.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Warganet pun beramai-ramai mengutuk tindakan tersebut. Sebagian besar dari mereka menyayangkan kejadian itu. Karena sebagus apa pun fasilitasnya, jika tidak dirawat dan dipelihara dengan baik tentu akan menjadi rusak dan tak terjaga.

Dalam berbagai unggahan di media sosial, salah satunya di akun Instagram omg.indonesia.id terlihat beberapa foto penumpang yang sangat tidak tertib. Dari mulai penumpang yang makan sambil lesehan, menginjak kursi, sampai bergelantungan di dalam MRT.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

Perilaku penumpang MRT.

Saking geramnya dengan perilaku penumpang yang tidak beradab tersebut, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan masyarakat di BNPB sampai mengungkapkan rasa mirisnya di akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN.

"Mirisnya kita dengan perilaku seperti ini. Bergelantungan & menginjak kursi di MRT hanya demi foto selfie. Seolah belum mengenal etika moral, sopan santun dan rasa memeliharai fasilitas publik. Pengetahuan memang meningkat tapi sikap dan perilaku masih rendah," tulisnya pada unggahan tersebut. (AC)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya