Menakjubkan, Inilah Inspirasi Tembakau Jember
Jumat, 19 Juli 2019 | 13:43 WIB

Menakjubkan, Inilah Inspirasi Tembakau Jember

Dari komoditas merambah ke ikon budaya
anaka batik jember yang terinspirasi dari tembakau
Photo :
  • vstory

anaka batik jember yang terinspirasi dari tembakau

VIVA – Tembakau memang merupakan salah satu Anugerah Tuhan kepada Tanah Jawa, khususnya Kota Jember. Bahkan sejak ratusan tahun yang lalu, ketika Portugis mendaratkan kaki mereka ke Bumi Nusantara, mereka telah mengenal Tanah Jawa sebagai penghasil tembakau. 

Salah satu wilayah di Jawa (Jawa Timur) yang menjadi tempat perkebunan tembakau sejak masa kolonial adalah Jember. 

Para pengusaha Belanda berlomba-lomba mendirikan perusahaan tembakau di kota ini, salah satunya adalah Landbouw Maatschapij Oud Djember (LMOD) yang didirikan pada tahun 1859 oleh controleur George Bernie. 

Beberapa tahun berikutnya, nama Landbouw Maatschapij Oud Djember diubah menjadi Oud Djember. Kisah panjang tentang historiografi tembakau di Tanah Jawa, khususnya di Jember, akan penulis ulas, pada kesempatan lain. 

Kali ini penulis sedikit ingin mengulas tentang 2 ikon budaya Jember yang lahir karena terinspirasi dari komoditas tembakau.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

loading...