5 Khasiat Tak Terduga Beras Kencur, Nomor 2 Penting Buat Kamu

Kencur
Sumber :
  • vstory

Beras kencur, siapa yang tak kenal? Ramuan perpaduan dari beras dan kecur ini di Indonesia sudah dikenal sebagai herbal tradisional yang mampu atasi berbagai penyakit seperti meningkatkan daya tahan tubuh, baik untuk pencernaan, mengatasi batuk hingga mengobati kaki terkilir atau keseleo.

9 Manfaat Kencur, Dari Obat Batuk Hingga Bisa Hilangkan Stress

Mengenai sejumlah manfaatnya itu, benarkah? Dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu 5 Maret 2019, pakar Farmakologi dr Lonah SpFK, menjelaskan tentang lima khasiat tak terduga beras kencur bagi kesehatan.

1. Kurangi pegal-pegal

Cara Praktis Membuat Jamu Beras Kencur

Dalam Formurarium Tanaman Obat Indonesia tertulis bahwa  3-5 gram rimpang kencur yang dihaluskan, diseduh dan disaring dalam keadaan hangat dikonsumsi dapat mengatasi pegal linu. Namun jika pegal dan linu masih terasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. 

2. Perkuat daya tahan tubuh

Resep Secangkir Kencur Hangat, Ampuh Atasi Batuk

Kencur mengandung antioksidan yang penting menangkal radiasi dan baik bagi sistem imun. Sehingga, jika baik bagi imun, artinya tubuh jadi tak mudah terserang penyakit.

3. Baik untuk pencernaan

Kencur memiliki sifat antibakteri. Kencur dapat menghambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri jahat helicobacter pylori yang ada di dalam perut.

4. Redakan batuk

Kencur hanya mampu mengurangi gejala batuk, namun tidak dapat mengobati. Karena penyebab batuk sangat beragam, sebaiknya hubungi dokter.

5. Ampas beras kencur atasi keseleo

Ini sudah dianjurkan dalam Formurarium Tanaman Obat Indonesia sebagai tata laksana terkelir atau keseleo. Kencur yang dihaluskan dengan beras dibalurkan ke bagian yang terkilir, sehingga bisa meredakan sakit. Selingi dengan kompres dingin. Jika nyeri masih berlanjut, disarankan minum obat pereda nyeri. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.