Penderita Tipes, Ini Dia 4 Buah yang Aman dan Menyehatkan

Ilustrasi penderita tipes.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Buah mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali saat mengalami tipes. Tapi sebagian penderita tipes malah takut makan buah. Karena, mereka khawatir kondisinya semakin memburuk. Jadi, sebenarnya apakah buah aman dikonsumsi saat mengalami tipes?

Penjualan Properti Hunian Kuartal III-2023 Masih Melemah, Tipe Menengah Paling Sepi Pembeli

Sakit tipes atau demam tifoid adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit tipes akan muncul bila Anda terinfeksi bakteri bernama Salmonella typhi. Bakteri yang satu ini dapat ditularkan dari makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Selama sakit tipes, Anda sangat disarankan untuk memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar penyembuhan tipes bisa berlangsung cepat dan komplikasi bisa dihindari.

Waspada Cuaca Panas Sebabkan Demam Tifoid atau Tipes, Harus Ditangani Segera

Beberapa komplikasi serius yang bisa terjadi ketika sakit tipes adalah kebocoran (perforasi) usus dan perdarahan di saluran cerna.  Agar topik tidak panjang kemana-mana, langsung saja ini dia beberapa buah yang aman dan menyehatkan untuk penderita tipes. 

1.Alpukat

Wajib Pahami Parents, Dokter Ungkap Beda Gejala DBD dan Tipes

Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan serat. Alpukat sangat bagus dikonsumsi oleh penderita tipes yang mengalami sembelit. Pasalnya, serat yang terkandung dalam buah alpuket bisa melancarkan pergerakan usus sehingga akan memudahkan buang air besar.

2.Pisang

Buah yang aman dan menyehatkan untuk penderita tipes selanjutnya adalah pisang. Tekstur pisang yang lembek dan lembut akan membuatnya mudah untuk dicerna oleh penderita tipes. Di samping itu, probiotik yang terkandung dalam pisang sangat bagus untuk sistem pencernaan dan bisa meringankan diare.

3.Semangka

Semangka mengandung serat dan air yang tinggi. Kandungan air dalam semangka inilah yang akan membantu memenuhi kebutuhan cairan selama mengalami tipes sehingga bagus jika dikonsumsi oleh pengidap tipes.

4.Jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang kaya akan kandungan air. Bukan hanya itu saja, buah yang kaya akan vitamin C ini berperan sebagai antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah kerusakan sel akibat berbagai macam radikal bebas. Karena itulah, jeruk sangat aman bila dikonsumsi oleh pengidap tipes.

Sebelum Anda mengonsumsi buah, pastikan bahwa buah sudah dicuci sampai bersih menggunakan air yang terjamin kebersihannya. Selain itu, sangat disarankan untuk mengupas buah yang akan dikonsumsi.

Beberapa buah-buahan di atas aman untuk dikonsumsi saat sakit tipes. Tapi, bila Anda ragu, maka konsultasikan saja pada dokter terkait buah dan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi selama masa pemulihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.