Menilik Manfaat Jeruk Limau bagi Kesehatan

Jeruk limau.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Selain bisa menyegarkan tenggorokan, jeruk limau juga bisa menjadi sumber antioksidan terbaik untuk mencegah berbagai kerusakan sel di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi jeruk limau setiap hari.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Bukan hanya itu, jeruk limau ternyata kaya akan kandungan kalsium, kalium, magnesium serta vitamin A, B, C dan D yang penting bagi tubuh. Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, manfaat jeruk limau tak hanya digunakan untuk kesehatan saja, tapi juga dapat diolah menjadi minyak atau bahan kosmetik.

Menurut beberapa penelitian, ada beberapa manfaat jeruk limau yang sangat menarik untuk Anda ketahui. Apa saja?

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Air perasan jeruk limau dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, jeruk limau mengandung kalium dan magnesium. Kalium dapat menstabilkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol di pembuluh darah. Dengan demikian, risiko stroke, serangan jantung dan gangguan jantung lainnya bisa menurun.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

2.Membantu Menurunkan Berat Badan

Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk limau dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sekaligus membakar lebih banyak kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi, manfaat jeruk limau tak akan selalu signifikan bila tidak diimbangi dengan melakukan olahraga rutin setiap hari.

3.Melawan Bakteri Penyebab Infeksi

Bakteri penyebab kolera bisa masuk lewat makanan dan menyebabkan keracunan bila makanan tersebut dikonsumsi. Manfaat jeruk limau juga bisa melawan salah satu jenis bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan yakni bakteri E. coli.

Di samping itu, jeruk limau juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus ataupun infeksi bakteri.

4.Menjaga Fungsi Saraf dan Mencegah Kanker

Tak hanya mengandung vitamin, jeruk limau juga mengandung mineral yang sangat berperan penting bagi tubuh. Jeruk limau mengandung kalium yang bagus untuk menjaga fungsi saraf dan tekanan darah. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam jeruk limau juga bisa memperbaiki sel-sel yang rusak serta mencegah kanker.

5.Meredakan Rasa Nyeri pada Penderita Anemia

Jeruk limau dapat digunakan untuk mengatasi penyakit anemia, terutama anemia sel sabit. Dalam kondisi ini, sumsum tulang belakang malah menghasilkan sel darah merah yang berbentuk sabit dan cacat.

Hal tersebut bisa menyebabkan kelelahan dan rasa nyeri yang terus menerus. Nah, jeruk limau dipercaya bisa menurunkan rasa nyeri tersebut. Setelah kita mengetahui manfaat dari jeruk limau, Anda bisa mulai memasukan buah ini ke dalam daftar makanan dan minuman Anda setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.