Kamu Sulit Tidur? Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Susah Tidur
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Susah tidur atau insomnia merupakan salah satu gangguan tidur di mana seseorang terjaga, sulit terlelap saat ingin tidur, dan memiliki kualitas tidur yang buruk. Dari mulai karena mengalami gangguan kesehatan, hingga punya masalah atau karena banyak pikiran. Penyebab kedua ini cukup sering dialami orang-orang dewasa saat ini.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Beberapa dari gejala insomnia antara lain adalah sulit mengawali tidur, tidur yang tidak nyenyak, bangun secara tidak sengaja ketika malam hari, dan tidak dapat kembali tidur dengan cepat. Apakah Anda sering mengalami gejela-gejala itu?

Susah Tidur

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Susah Tidur

Nah, jika ternyata Anda mengalaminya, maka insomnia Anda harus segera diatasi. karena, jika tidak segera Anda atasi akan berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda dalam jangka panjang nantinya.

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Adakah cara mengatasi susah tidur secara alami? Ya tentu saja ada cara mengatasi sulit tidur tanpa obat.

Dampak dari susah tidur atau insomnia

Dampak dari susah tidur ini dapat menyebabkan sesorang sulit berkonsentrasi dan memiliki suasana hati yang buruk saat beraktivitas di sepanjang harinya. Tidak hanya itu, penderita insmonia menjadi tidak bertenaga dan lelah saat bangun pagi serta mengantuk di siang harinya.

Ketika kurang tidur pula, tubuh kita akan melepaskan hormon stres bernama kortisol yang bisa memecah kolagen, kolagen adalah protein yang menjaga kulit tetap elastis dan halus. Hasilnya, kebanyakan orang yang kurang tidur secara terus menerus mengalami kulit pucat, lingkaran hitam di bawah mata, garis-garis halus pada wajah, dan kulit tidak cerah.

Di samping itu, insomnia bisa meningkatkan resiko terkena beberapa penyakit serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, ataupun stroke.

Penyebab susah tidur atau insomnia

Masing-masing orang pasti memiliki alasan penyebab susah tidur yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah karena stres yang berlebihan atau kebanyakan pikiran, adanya perubahan ritme kegiatan sehari hari seperti di dunia kerja atau pendidikan, dan jadwal tidur yang tidak teratur.

Adanya perubahan kondisi fisik juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Sebagian besar penderita susah tidur adalah wanita, terlebih untuk ibu hamil ataupun orang yang lanjut usia.

Nah, sekarang cara mengatasi susah tidur Anda

1.Kurangi asupan kafein

Minuman berkafein seperti kopi, minuman keras beralkohol dan rokok yang mengandung nikotin dapat memberikan efek stimulan yang membuat badan Anda tetap terjaga.

Selain itu efek samping dari alkohol akan membuat Anda terbangun di malam hari dan mejadi sulit tidur kembali.

2.Hindari dan Jauhkan Gadget

Bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur, sebaiknya mulai menjauhkan diri dari gadget kalian. Karena dengan tidak memegang gadget saat akan tidur merupakan salah satu tips untuk mengatasi susah tidur ataupun insomnia.

Selain itu alat elektronik, baik hp maupun komputer, dapat memancarkan cahaya buatan yang akan memberikan sinyal radioaktif pada otak agar tetap terjaga. Kalaupun harus dekat, pastikan gadget Anda berada dalam mode penerbangan, sehingga tidak akan memberikan sinyal radioaktif meski gadget tetap menyala.

3.Utamakan kenyamanan ruang tidur

Keadaan yang disarankan dan paling baik untuk tidur adalah ruang tidur dengan cahaya yang redup atau gelap, dan memiliki suhu yang sejuk atau tidak terlalu dingin maupun panas serta tidak terlalu banyak suara berisik.

Menjaga kebersihan dan kerapihan ruang tidur serta termasuk di dalamnya adalah memilih kasur yang tepat juga dapat mengatasi susah tidur.

4.Lakukan kegiatan pengantar tidur

Ya apa saja kegiatan pengantar tidur, pasti itu yang kalian pikirkan. Membaca buku adalah                     salah satu kegiatan pengantar tidur yang cocok di terapkan saat seseorang mengalami susah               tidur ataupun kalian bisa juga mendengarkan musik bertempo lambat yang bertujuan mengatur             pernapasan agar lebih rileks.

5.Minum Susu Hangat

Jadi, setelah Anda selesai mandi dengan air hangat siapkan segelas susu hangat. Ha. Mandi                air hangat, Ya itu akan kita bahas setelah kita membahas minum susu hangat ini. Kenapa bisa              susu hangat dapat mengatasi susah tidur.? Karena susu hangat yang masuk ke dalam perut                  akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga akan mempermudah proses Anda untuk                tidur dan terlelap. Ingat, susu hangat ya bukan susu dingin yang diambil dari kulkas ya.

6.Mandi Dengan Air Hangat

Anda tidak akan pernah bisa tidur dengan nyenyak jika tubuh berada dalam kondisi kurang                    bersih. Maka dari itu, pastikan sebelum kalian tidur mandilah dengan air hangat. Karena air                    hangat yang mengenai tubuh akan membuat badan lebih rileks dan segar. Dengan tubuh yang              lebih rileks, maka Anda akan cepat mengantuk dan bisa tertidur dengan pulas.

7.Belajar Mengatur Pernapasan

Mengatur pernapasan merupakan salah satu cara agar badan menjadi lebih rileks dan nyaman.            Nah jika kalian belum bisa mengatur pernapasan yang baik, tidak salah untuk melatih cara                    mengatur pernapasan.

Hanya dengan tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Lakukanlah latihan tersebut dengan tenang dan berpola. Jangan pula terburu-buru. Karena napas yang terburu-buru alam membuat Anda jauh dari rasa nyaman.

Nah, jika sudah mengatur napas dengan perlahan maka jantung akan berdetak dengan tenang. Karena ketika jantung berdetak dengan tenang dan teratur, seluruh tubuh akan merespons dengan memunculkan rasa nyaman. Saat itulah Anda bisa tertidur dengan lelap.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.