Waspada, 5 Hal Ini Bisa Terjadi Jika Makan Daging Berlebihan

Daging Sapi
Sumber :
  • vstory

VIVA – Daging adalah sumber protein dan lemak yang sangat baik untuk tubuh. Kedua nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik. Meskipun daging memiliki sejumlah manfaat, ternyata ada efek negatif yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Daging memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Karena itu, konsumsi berlebihan dapat memengaruhi kerja dan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa hal yang akan Anda alami ketika Anda kebanyakan makan daging.

1. Perut kembung

Daftar Harga Pangan 22 Maret 2024: Bawang Putih hingga Gula Naik

Setelah mengonsumsi terlalu banyak daging, perut kembung bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak dapat menyerap dan mencernanya dengan baik. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan setelah makan daging, sebaiknya hindari makanan ini.

2. Sembelit

Daftar Harga Pangan 19 Maret 2024: Beras hingga Cabai Kompak Naik

Daging, terutama daging merah mengandung sedikit serat, sehingga meningkatkan risiko sembelit. Selain itu, makanan ini juga tinggi lemak sehingga butuh waktu lama untuk dicerna.

3. Bau mulut

Konsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging dalam jumlah banyak dapat menyebabkan bau mulut. Ini terjadi ketika tubuh dalam kondisi metabolisme yang disebut ketosis sehingga melepaskan bahan kimia yang memiliki bau yang tidak menyenangkan.

4. Kelelahan

Makanan tinggi protein seperti daging merah mengandung asam amino yang disebut trytophan. kandungan ini digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang menyebabkan kelelahan.

5. Mual

Menurut sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi banyak daging merah memiliki risiko lebih tinggi mengalami kondisi peradangan yang menyakitkan di usus. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan mual yang parah pada diri mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.