Yakin Makan Nanas dan Durian Sebabkan Keguguran? Cek Faktanya

Ibu Hamil dan Buah Nanas
Sumber :
  • vstory

VIVA – Selama ini banyak hal tentang kehamilan yang mengundang pertanyaan. Misalnya, tentang apa yang bisa dan tidak boleh dikonsumsi. Sebut saja makan nanas. Banyak yang mengatakan wanita hamil sebaiknya tidak makan nanas, terutama nanas muda karena bisa menyebabkan keguguran. Apakah itu benar?

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Makan nanas untuk ibu hamil sering disebut-sebut sebagai penyebab keguguran karena menyebabkan kontraksi untuk menghancurkan plasenta. Ini sering juga dikaitkan dengan sifat nanas yang dapat melunakkan daging. Namun, dalam kenyataannya ini tidak terjadi. Wanita hamil masih bisa mengonsumsi nanas karena tidak berpengaruh pada janin.

Pakar nutrisi YOUVIT, Rachel Olsen mengatakan jika makan nanas pada ibu hamil akan memberikan banyak manfaat. Nanas mengandung vitamin C, zat besi, asam folat, magnesium, tembaga, dan bahan-bahan lain yang baik untuk kehamilan. Jadi, bisa dipastikan kalau nanas yang menyebabkan keguguran adalah mitos.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Rachel melanjutkan, meski makan nanas tidak berbahaya bagi wanita hamil, porsi makannya tetap harus dibatasi. Ini karena nanas mengandung indeks glikemik tinggi dan serat rendah. Padahal, ibu hamil membutuhkan lebih banyak serat dari biasanya.

Hal yang sama juga berlaku untuk durian. Banyak yang mengatakan wanita hamil dilarang mengonsumsi durian karena panas dan mengandung alkohol. Namun, para ahli sepakat bahwa larangan mengonsumsi durian selama kehamilan hanyalah mitos.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Durian masih aman untuk wanita hamil asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Ini karena durian tinggi kalori dan glikemik, tetapi seratnya rendah.

OCS Indonesia (Doc: Natania Longdong)

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Industri Facility Management (FM) yang memasok pekerja outsourcing di Indonesia mengatakan bahwa pasar Indonesia lebih baik dari Vietnam dan Kamboja.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.