Banyak yang Belum Tahu Ada Kandungan Mematikan dalam Ikan Ini

Ikan Tuna Goreng
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tuna adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, di balik manfaat tuna ada bahaya lain yang mengintai jika Anda terlalu banyak mengonsumsi. Untuk mengetahui lebih jelas bahaya tuna, lihat penjelasan berikut.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Tuna adalah ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam tuna jelas bermanfaat bagi kesehatan manusia. Misalnya, untuk mengurangi kadar trigliserida, mengontrol kolesterol jahat dalam darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahaya Tuna untuk Kesehatan

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Menurut penelitian pada beberapa jenis ikan yang dilakukan di Amerika, tuna termasuk dalam kategori ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. Makan ikan dengan kadar merkuri yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak hati-hati dalam proses pengolahannya.

Di dalam tubuh, merkuri akan menjadi racun mematikan yang dapat mengganggu kerja otak dan sistem saraf, dan menimbulkan ancaman lain terhadap kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak. Merkuri akan memengaruhi perkembangan otak anak dan menyebabkan gangguan belajar dan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Sementara itu, konsumsi merkuri pada wanita hamil akan menyebabkan janin mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, kelumpuhan otak, dan kerusakan saraf yang menyebabkan kebutaan.

Pada orang dewasa, konsumsi merkuri yang cukup tinggi dapat memengaruhi tekanan darah. Seseorang yang mengalami keracunan merkuri biasanya akan menunjukkan gejala dalam bentuk gangguan penglihatan, insomnia, kelemahan otot, kesemutan atau mati rasa, kesulitan berbicara, gemetar, sakit kepala, dan gangguan memori.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.