Begini Cara Merubah Gaya Hidup Penderita Arthritis

ARTHRITIS, PERADANGAN SENDI, NYERI SENDI
Sumber :
  • vstory

VIVA – Untuk meredakan nyeri pada penderita arthritis dalam jangka waktu panjang, merubah gaya hidup adalah solusi yang paling baik untuk mengobati atau meringankan gejala penyakitnya. 

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Olahraga teratur, diet sehat dan memelihara berat badan dapat membantumu meningkatkan fungsi dan kesehatan sendi. Dengan merubah gaya hidup, seiring waktu otot-otot yang mestabilkan sendi pada penderita arthritis akan menguat dan melindingi terhadap kerusakan.

STAY ACTIVE

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Olahraga bisa menjadi sulit dengan persendian yang menyakitkan. Tapi tetap aktif bisa meredakan nyeri dalam jangka waktu lama, dan bahkan bisa menguatkan otot-otot untuk mencegah kerusakan sendi yang lebih parah. Yayasan Arthritis mengatakan olahraga adalah perawatan tanpa obat paling efektif untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan gerakan pada osteoarthritis.

Jenis olahraga terbaik bagi penderita OA alias osteoarthritis ini adalah olahraga yang memiliki tekanan rendah pada sendi, seperti :

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

bersepeda
berenang
tai chi
berjalan 
yoga

Konsultasikan pada dokter sebelum memulai olahraga baru, khususnya jika kamu belum pernah aktif berolahraga sebelumnya. Yayasan penderita Arthritis merekomendasikan 150 menit latihan aerobik setiap minggu pada intensitas sedang.

Kamu juga bisa memulai latihan dengan periode pendek dan menambahkan waktunya ketika kamu merasa lebih kuat.

Contohnya ketika kamu mulai berjalan selama 10 menit dan secara bertahap tingkatkan kecepetan dan panjang kamu berjalan. Jika kamu baru mulai berolahraga, kamu akan merasakan sedikit nyeri setelah berolahraga. Ini berarti kamu perlu mengambil 1-2 hari libur berolahraga kemudian melanjutkannya kembali. Jangan pernah berhenti berolahraga!

MAKAN MAKANAN OA-FRIENDLY

Makan makanan diet seimbang bisa membantu mu merasa lebih baik dan menurunkan berat badan. Peneliti menunjukan bahwa makanan tertentu secara khusus dapat bermanfaat bagi penderita OA.

Makanan yang disarankan :

brokoli
buah sitrus
ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 (tuna, salmon, mackerel)
bawang putih
teh hijau
kacang-kacangan
minyak nabati yang terbuat dari alpukat, safflower, zaitun dan walnut
produk susu rendah lemak


Makanan yang harus dihindari :

alkohol
aspartam (pemanis buatan)
garam
lemak jenuh dan trans
nasi
Pertahankan berat badan yang sehat

Berdasarkan Yayasan pendderita arthritis, setiap pound dari berat tubuh setara dengan menempatkan 3-6 pound pada sendi. Menurunkan berat bisa sangat meringankan nyeri sendi dan mencegah OA. Ini juga bisa membantu untuk orang orang dengan OA pada lutut dan panggul mereka, karena persendian ini menanggung banyak beban.

OA adalah kondisi kronis (seumur hidup) tanpa pengobatan. Itulah mengapa mengelola kondisi dan gejalamu diharuskan karena hal tersebut bisa membantu menghentikan kerusakan pada sendi. Selain dengan merubah gaya hidupmu, mengkonsumsi suplemen herbal nyeri sendi juga disarankan untuk mengatasi gejala nyeri yang tiba-tiba muncul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.