Peran Balkesmas Wilayah Ambarawa dalam Penanganan COVID-19
Rabu, 1 Juli 2020 | 12:46 WIB

Peran Balkesmas Wilayah Ambarawa dalam Penanganan COVID-19

Balkesmas wilayah Ambarawa berperan aktif dalam pendampingan rapid test dan swab.
Tenaga Kesehatan dari Balkesmas Wilayah Ambarawa
Photo :
  • vstory

Tenaga Kesehatan dari Balkesmas Wilayah Ambarawa

VIVA – Sebagai fasilitas kesehatan yang memiliki layanan kesehatan paru sebagai unggulan, Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Ambarawa memegang peranan penting dalam menangani COVID-19. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, Balkesmas wilayah Ambarawa aktif melakukan upaya promotif dan preventif guna mencegah dan membatasi penularan infeksi.

Zanuar Abidin, dokter umum Balkesmas wilayah Ambarawa yang juga alumni Bakrie Graduate Fellowship dari Bakrie Center Foundation, menjelaskan bahwa dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19, pihaknya berkoordinasi dengan tujuh kabupaten/kota yang menjadi wilayah kerja mereka serta memantau perkembangan kasus COVID-19 di wilayah tersebut.

Adapun kabupaten/kota yang termasuk ke dalam wilayah kerja Balkesmas wilayah Ambarawa antara lain Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Banjarnegara.

Dalam memantau perkembangan kasus COVID-19, Balkesmas wilayah Ambarawa juga melakukan pendampingan swab dan rapid test.

Menurut Zanuar, Temanggung merupakan kabupaten yang aktif dalam melakukan rapid test sebagai screening COVID-19.

“Temanggung merupakan kabupaten wilayah kerja kami dengan kasus COVID-19 terbanyak. Kami melakukan swab massal kepada 187 orang warga Kabupaten Temanggung yang memiliki hasil rapid test reaktif,” katanya lagi.

Pendampingan Swab Massal di Puskesmas Ngadirejo, Kabupaten Temanggung

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.