Tingkatkan Imunitas, Mahasiswa UMM Ajak Tanam “Apotek Hidup”
Kamis, 2 Juli 2020 | 14:26 WIB

Tingkatkan Imunitas, Mahasiswa UMM Ajak Tanam “Apotek Hidup”

Apotek hidup bisa diartikan sebagai kebun yang memiliki beragam jenis tanaman bermanfaat bagi kesehatan.
Edukasi cara penanaman apotek hidup pada masyarakat Sampang (30/6)
Photo :
  • vstory

Edukasi cara penanaman apotek hidup pada masyarakat Sampang (30/6)

VIVA – Mahasiswa UMM yang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kelurahan Rongtengah, Kabupaten Sampang-Madura kembali melakukan inovasi baru terkait dengan pencegahan penularan virus corona (COVID-19) yaitu “Penanaman Apotek Hidup”.

Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan Setyo Wahyu S, SE., ME. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya pada warga kelurahan Rongtengah terkait bagaimana cara penanaman apotek hidup yang baik dan juga terkait khasiat yang didapatkan dari tanaman apotek hidup tersebut.

Maghfiroh selaku Koordinator kelompok 11 PMM UMM Sampang menjelaskan penanaman apotek hidup merupakan salah satu alternatif untuk mengisi kekosongan waktu dikala pandemi COVID-19.

Apotek hidup bisa diartikan sebagai taman atau kebun yang memiliki beragam jenis tanaman bermanfaat bagi kesehatan.

Penanaman apotek hidup ini terdiri dari beberapa bibit tanaman yaitu berupa rimpang. Rimpang yang digunakan adalah jahe, temu kunci, kencur, dan kunyit. Alasan terbesar dipilihnya keempat tanaman tersebut adalah untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh karena khasiat dari masing-masing tanaman.

Virus corona yang saat ini sedang mewabah dan masih mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia, dilaporkan bahwa akan dengan mudah menyerang tubuh seseorang yang memiliki imunitas rendah.

“Gejala yang ditunjukkan ketika seseorang memiliki kekebalan tubuh yang rendah adalah mudah merasa lemas dan sering terkena penyakit ringan seperti demam dan pilek,” ujar Maghfiroh selaku Koordinator kelompok 11 PMM UMM Sampang, Selasa (30/06/2020)

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.