Wajib Tahu, Inilah 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Jangan anggap sepele sakit perut sebelah kiri.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Sakit perut tentunya sering kali dialami setiap orang. Penyebabnya tentu bermacam-macam. Paling umum terjadi sakit perut disebabkan konsumsi makanan pedas. Efek makanan pedas ini pada setiap orang berbeda-beda dan bergantung pada kondisi tubuh atau kesehatan seseorang.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Namun bagaimana jika sakit perut yang kita alami tidak berasal dari makanan pedas atau makanan lain yang kita konsumsi? Kemudian sakit perut ini berlangsung tidak sebentar, melainkan lebih dari satu hari. Apa yang harus kita lakukan?

Perlu kita ketahui bahwa sakit perut bagian kiri memang biasanya disebabkan masalah saluran pencernaan. Tapi tak hanya dari makanan saja. Ada penyebab lain yang perlu kamu ketahui. Yuk disimak.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

1. Penyakit ginjal

Sakit perut bagian kiri dapat disebabkan gangguan pada ginjal, seperti batu ginjal dan infeksi ginjal. Jika kamu mengalami infeksi ginjal gejalanya tak hanya sakit perut bagian kiri, tetapi juga mual, muntah, dan demam. Sebaliknya, gangguan batu ginjal akan mengalami sakit perut bagian kiri yang disertai sakit ketika buang air kecil dan urine berdarah.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

2. Radang usus besar

Radang susu besar juga membuat perut bagian kiri sakit serta mengalami radang pada dinding saluran pencernaan, feses berdarah, diare, kelelahan, dan berat badan menurun.

3. Ovulasi

Penyebab sakit perut sebelah kiri bisa terjadi karena ovulasi. Kondisi ini dapat menimbulkan sakit keram perut, keputihan, dan mual.

4. Gastritis

Gastritis adalah penyakit pada lapisan lambung yang mengalami peradangan dan iritasi. Penyakit ini juga berasal dari bakteri Pylori, yaitu bakteri yang menyebabkan lendir pada lapisang lambung. Gastritis juga disertai muntah dan mual.

5. Peradangan pankreas

Radang pada pankreas akan membuat perut bagian kiri sakit. Ketika berbaring, makan, dan minum akan terasa sakit. Gejala lainnya dari penyakit ini adalah diare, demam, perut sakit ketika disentuh, serta mual dan muntah-muntah. Demikian beberapa penyebab sakit perut bagian kiri yang wajib kamu ketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.