Deretan Kuliner Banyumas yang Bisa Jadi Referensi - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 18 Juli 2019 | 16:20 WIB

Deretan Kuliner Banyumas yang Bisa Jadi Referensi

Semua makanannya dibanderol dengan harga terjangkau.
Makanan yang wajib anda coba ketika berkunjung di Kabupaten banyumas
Photo :
  • vstory

Makanan yang wajib anda coba ketika berkunjung di Kabupaten banyumas

VIVA – Kabupaten Banyumas yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini dikenal dengan beragam kuliner budaya maupun wisata. Dan, kali ini saya ingin membagi beberapa makanan khas dari Banyumas. Jika kamu penikmat kuliner, jangan sampai melewatkan beragam jenis kuliner khasnya.

?1.Tempe Mendoan

Purwokerto merupakan nama kota atau kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas. Makanan satu ini sangat identik dengan makanan khasnya yaitu Mendoan. Ketika Anda berwisata kuliner di Purwokerto, Anda wajib mencicipi makanan khas yang satu ini. 

Mendoan bukanlah makanan yang mewah, karena bahan dasarnya pun cukup sederhana, yaitu hanya tempe dengan adonan tepung yang diberi beberapa bumbu sederhana. Orang mungkin akan mengatakan masih mentah ketika pertama kali melihatnya, karena teksturnya yang lembek.

Sesuai dengan nama makananya, Mendo yang berarti lembek. Mendoan bisa dijadikan camilan atau lauk, dengan dipadukan dengan sambal kecap selagi masih hangat. Tidak sulit, jika Anda ingin mencoba membuatnya di rumah.

2. Getuk Goreng

Makanan khas Banyumas selanjutnya adalah getuk goreng. Makanan satu ini cukup populer di Indonesia. Banyak wisatawan yang membelinya sebagai buah tangan (oleh-oleh) atau sebagai camilan dalam perjalanan.

Getuk goreng merupakan makanan yang sederhana, tetapi memiliki citarasa yang berbeda. Makanan ini terbuat dari ketela pohon, yang dicampurkan dengan gula merah dan kulit adonan tepung yang tipis. Jika penasaran dengan makanan yang satu ini, Anda bisa berkunjung langsung ke Banyumas, tepatnya di daerah Sokaraja.

3. Nopia

Nopia juga dikenal sebagai makanan khas Banyumas, mungkin sekilas namanya menyerupai  salah satu merek handphone. Namun bukan, Nopia makanan khas Banyumas yang berbentuk bulat putih di bagian luarnya dan memiliki isi gula merah dengan citarasa bawang merah. Nopia banyak memiliki pilihan rasa mulai dari durian, coklat dan pandan.

4. Cimplung??

Cimplung yang berasal dari kata ‘Cemplung’ ini berarti masuk ke dalam air. Air di sini menggunakan air nira ( air badeg ), dan proses pembuatannya menggunakan gula merah. Bahannya bisa menggunakan singkong, ubi jalan, pisang dan lain sebagainya. Cimplung harus direbus bersama dengan air nira, yang akan dijadikan gula merah.

5. Jenang Jaket

Jenang jaket bisa Anda temukan di daerah Mersi Banyumas. Di kota ini jenang jaket sering dijadikan menu pada saat hajatan, lamaran atau acara-acara tertentu. Jenang jaket terbuat dari gula merah, ketan dan santan. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna gelap.

loading...
Muat Lainnya...