Kuliner Ala Aceh Khususnya Kabupaten Pidie

Kuliner khas Pidie, Aceh
Sumber :
  • vstory

Salah Satu kuliner yang terkenal di Pidie ini menjadi ICON Pidie dan terasa belum lengkap kalau tidak pernah rasa kuliner Pidie. Banyak para pedatang ke Sigli ingin mencicipi rasa akan makan yang ada di Pidie, Aceh.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

1. Boh Manok Weng (Telur Kocok)

Boh manok weng merupakan salah satu kuliner terkenal di daerah Pidie, minuman dengan adonan kopi atau tersebut mampu membangkitkan gairah stamina bagi anda yang meminumnya. Minuman ini sangat mudah ditemukan baik di Kampung maupun di Perkotaan.

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Boh Manok Weng

Boh Manok Weng

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

2. Mie Caluek

Kuliner ini pada dasarnya merupakan mie seperti pada umumnya. Terdiri dari pilihan mie disajikan bersama kuah yang merupakan semacam pasta (sambal) kacang. Hanya saja mie ini telah dimasak terlebih dahulu, kemudian dihidangkan didalam nampan untuk dijual. Mie bisa anda temukan di daerah Grong-Grong maupun di Pantai Pelangi,Kota Sigli.

Mie Caluek

Mie Caluek

3. Lincah Busu

Bagi Anda yang berkunjung ke Pidie jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Pidie yang satu ini. Lincah Busu merupakan rujak aneka buah dan umbi-umbian yang dicampur dengan saus pedas. Lincah dalam bahasa Aceh berati rujak, sedangkan Busu merupakan salah satu kampung di Mutiara Barat, Kabupaten Pidie, tempat lincah ini berasal.

lincah Busu

lincah Busu

4. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U' memang terdengar asing bagi daerah lain, masakan ini merupakan Kuliner paling khas di Aceh. Resep Masakan Kuah pliek U merupakan warisan nenek moyang masyarakat Aceh dengan rasa khas yang kaya dengan rempah-rempah. 

Kuah Pliek U

Kuah Pliek U

5. Adee Ie Leubeu

Kecamatan Kembang Tanjung, Kabupaten Pidie Ini dikenal dengan kue khas ade leumiek yang rasanya enak dan spesifik. Ade Ie Leube yang bentuknya sangat kecil dengan ciri khas kuning dengan corak beragam ada yang digulung dan ada pula dijual tanpa digulung, melebar seperti kue talam.

Adee Ie Leubeu

Adee Ie Leubeu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.