Buah Pucung, Duren Betawi yang Bisa Bikin Mabuk Kepayang - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 11 September 2019 | 13:42 WIB

Buah Pucung, Duren Betawi yang Bisa Bikin Mabuk Kepayang

Bijinya biasa digunakan untuk bumbu masakan.
Buah Pucung
Photo :
  • vstory

Buah Pucung

VIVA.co.id – Tidak banyak pasti yang tahu tentang buah pucung ini. Pohonnya sendiri juga sekarang sudah jarang ditemukan. Saya sendiri menemukan buah ini di kawasan tepian Sungai Ciliwung, tepatnya di daerah Condet, Jakarta Timur. 

Pohon buah ini menjulang tinggi dan sesekali buahnya yang sudah matang akan jatuh ke tanah. Awalnya ketika saya duduk di bawah pohon pucung ini agak sedikit takut. Karena bisa saja buah pucung yang jatuh itu akan menimpa kepala saya. Tapi menurut pemilik pohon, dari dulu sampai sekarang belum pernah ada cerita orang yang kejatuhan buah ini.

Ukuran buah pucung ini lumayan besar, kira-kira sebesar buah kelapa. Kulit luarnya agak kasar berwarna coklat. Ketika buah ini dibelah dengan parang, maka di dalamnya kita akan menemukan daging buah berwarna kekuningan. Sekilas mirip buah durian.

Itu sebabnya orang Betawi menyebutnya durian Betawi. Tapi buah yang satu ini walaupun terlihat menggiurkan tidak bisa dimakan begitu saja. Daging buahnya bisa membuat orang yang memakannya mabuk kepayang kalau orang Betawi bilang. 

Biasanya, setelah buah ini jatuh ke tanah akan dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya. Barulah nanti setelah buah ini membusuk maka kulit dan daging buahnya akan memisahkan diri dengan bijinya. 

Di saat inilah waktunya memanen biji buah pucung. Biji ini berwarna kehitaman. Orang Betawi menyebutkan pucung. Biasanya digunakan untuk bumbu dapur yang bisa menghasilkan warna kehitaman pada masakan. Salah satu masakan yang terkenal adalah gabus pucung.

Biji pucung ini kalau di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur sering disebut sebagai kluwek atau keluwek. Kalau di Jawa Timur digunakan sebagai bumbu utama masakan rawon.

Saksikan Juga

Bus TransJakarta Tabrak Separator

TVONE NEWS - 18 menit lalu
Topik
loading...
Muat Lainnya...