5 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Jakarta
Sumber :
  • vstory

VIVA - Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang wilayahnya sangat besar dan terpadat di Indonesia. Menginjakkan kaki di ibukota Indonesia ini, Anda akan melihat banyak sekali gedung-gedung pencakar langit dan lalu lintas yang sangat padat. Jika sudah di Jakarta, jangan coba lewatkan ya untuk menikmati makanan khas Jakarta.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Banyak sekali makanan tradisional ibukota Jakarta yang menggugah selera dan wajib Anda coba. Dari mulai makanan berat hingga ringan, semua makanan tersebut memiliki cita rasa lokal yang selalu menggoda siapa saja untuk mencicipi kelezatannya. Apa saja ya makanan lokal khas ibu kota ini?

  1. Kerak Telor
    Siapapun tahu kalau kerak telor  adalah makanan asli Jakarta yang sangat tersohor. Makanan satu ini terbuat dari bahan ketan putih yang dicampur dengan telur ayam, ebi bawang goreng, lalu ditambahkan bumbu rempah-rempah seperti serondeng, cabai merah dan bumbu-bumbu lainnya.

    Anda bisa memilih jenis telur yang bisa digunakan, apakah telur ayam atau telur bebek, tapi yang paling banyak dipilih oleh wisatawan pada umumnya adalah telur bebek. Nah, salah satu yang menjadi ciri khas makanan ini adalah cara masaknya yang dipanggang di atas arang.
     
  2. Ketoprak
    Apakah Anda adalah seorang yang vegetarian? Jika Anda adalah seorang vegetraian, maka Anda bis mencoba makanan khas Betawi yang bernama ketoprak. Anda akan jika sudah disuguhkan menu satu ini.

    Satu menu ketoprak berisi bumbu kacang pedas dan manis sebagai bumbu utama dengan isi potongan tahu goreng, mi bihun, kol yang diiris-iris, tauge, tomat, telur rebus dan lontong kemudian diberi topping bawang goreng dan kerupuk.
     
  3. Soto Betawi

    Jika Anda mencari makanan yang berkuah di Jakarta, Anda bisa mencoba makanan legendaris Jakarta, Soto Betawi yang terkenal akan kelezatannya. 

    Soto Betawi ini adalah makanan yang dihidangkan dengan kuah kaldu yang segar dengan isi daging sapi, mi bihun, tomat, wortel, tauge dan diberi topping bawang dan kerupuk emping .Anda bisa menambahkan nasi atau lontong sesuai dengan selera Anda dalam menikmati soto.
     
  4. Nasi Uduk

    Nasi uduk Betawi pada dasarnya sama dengan nasi putih pada umumnya namun memiliki rasa yang cenderung lebih gurih. Rasa gurih dari nasi uduk ini didapatkan dari santan, daun salam dan serai yang dicampurkan ketika menanak nasi.

    Keistimewaan dari nasi uduk adalah ketika disajikan dengan beberapa menu tambahan seperti semur jengkol, balado telur, sambal goreng kentang, mie goreng bihun, atau tumis tempe.
     
  5. Laksa Betawi

    Laksa Betawi adalah makanan kuah khas Jakarta yang disajikan dengan kuah santan dengan isi irisan ayam. Bisa dikatakan laksa ini mirip dengan kari ayam. Laksa khas Jakarta ini memiliki cita rasa nusantara yang kaya akan rempah-rempahnya.

    Satu mangkok laksa betawi pada umumnya berisi telur rebus, mie sohun, bawang putih, tauge dan topping kerupuk. 
Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Nah itulah tulisan kami dari generasi hijau tentang 5 makanan khas jakarta yang harus kamu coba. Selamat mencoba ya

 
August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024
UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Diakui Tatiek jika usahanya membutuhkan peralatan yang memadai, sehingga ia akhirnya memutuskan untuk mencari pinjaman modal usaha lewat KUR BRI. “Untuk membuat ayam dan

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.