#SinergiRakyat Dukung UMKM Lokal di Tengah Pandemi Global

toko virtual #SinergiRakyat di marketplace blanja.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Situasi pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia, termasuk Indonesia, memberikan dampak buruk di bidang ekonomi. Menurunnya daya beli masyarakat membuat produk lokal, khususnya skala UMKM, mengalami penurunan penjualan.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Untuk mengatasi hal ini dan demi membantu para pelaku usaha UMKM, UKM Belimbing (Rumah Kreatif Belimbing) yang merupakan bagian dari Kampung Teknologi Foundation, membuat gerakan #SinergiRakyat.

#SinergiRakyat ialah gerakan sosial membeli produk lokal, terutama produk UMKM yang mengalami penurunan penjualan dikarenakan wabah virus corona. Gerakan ini dijalankan sejak 3 April 2020 bersamaan dengan program BrandUp dan Pasar Herbal Depok.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Pelaku UMKM yang tergabung dalam #SinergiRakyat

Pelaku UMKM yang tergabung dalam #SinergiRakyat

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Harjianto, inisiator dari gerakan #SinergiRakyat yang juga merupakan founder dari UKM Belimbing dan Kampung Teknologi Foundation, mengatakan bahwa gerakan Sinergi Rakyat bertujuan untuk menanamkan semangat cinta produk UMKM lokal dengan cara membelinya agar ekonomi para pengusaha UMKM bisa bergeliat kembali di tengah situasi sulit. 

Harjianto bersama produk lokal yang tergabung dalam #SinergiRakyat

Harjianto bersama produk lokal yang tergabung dalam #SinergiRakyat

Sebagai permulaan, gerakan #SinergiRakyat dijalankan pertama kali di Kota Depok. Dimulai dengan mendata pelaku usaha UMKM yang ingin dibantu penjualannya; melakukan proses editing foto produk; membantu promosi di media sosial dengan melibatkan Ambassador melalui program BrandUp 2020; serta melakukan penjualan secara online melalui berbagai kanal distribusi seperti whatsapp, media sosial, dan marketplace.

“Saat ini baru pengusaha UMKM kota Depok. Tapi tidak menutup kemungkinan nanti akan merambah ke pengusaha UMKM di beberapa kota. Begitu juga untuk penjualan produk. Saat ini penjualan produk baru dilakukan di market place lokal milik BUMN, Blanja.com. Namun, ke depannya tidak menutup kemungkinan akan menggandeng market place lainnya seperti Tokopedia dan Bukalapak,” kata Harjianto.

Mengenai rencana kerjasama, Harjianto yang juga alumni program LEAD Indonesia dari Bakrie Center Foundation ini, juga mengatakan bahwa #SinergiRakyat akan menggandeng berbagai pihak seperti perusahaan BUMN, swasta, dunia pendidikan, dan masyarakat, guna membantu membeli produk UMKM yang dipasarkan.

“Kami berharap produk UMKM lokal semakin dikenal, dicintai, dan dibeli secara kontinuitas oleh masyarakat lokal. Karena ekonomi Indonesia ini sudah terbukti sebagian besar ditopang dari industri kecil seperti UMKM. Kami yakin nilai-nilai semangat gotong-royong masyarakat Indonesia akan membuat gerakan sosial ini berhasil, namun butuh jangka panjang,” katanya lagi.

Ke depannya, gerakan #SinergiRakyat  akan tetap dijalankan meski pandemi Covid-19 berakhir, serta akan diduplikasi di berbagai wilayah di Indonesia. Adapun bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam gerakan ini, bisa membeli di https://www.blanja.com/store/ukmbelimbing

UKM Belimbing atau Rumah Kreatif Belimbing adalah program pemberdayaan masyarakat (pengusaha) yang diselenggarakan oleh Kampung Teknologi Foundation (KTF). UKM Belimbing fokus pada akses market atau menciptakan peluang pasar bagi pengusaha, selain permasalahan kesenjangan digital lainnya. (Ria Anggriawan)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.