Unik, Tradisi Memacu Sampan di Sungai Kuantan

Ilustrasi bermain sampan.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Provinsi Riau kaya akan sejarah, tradisi dan budaya. Salah satunya adalah tradisi memacu sampan di Sungai Kuantan. Kawasan ini berada di kabupaten Kuantan Singingi. Biasanya, memacu sampan ini lebih dikenal dengan sebutan pacu jalur yang telah berlangsung sejak ratusan tahun silam.

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Kini tradisi itu masih terus dilestarikan sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sebagaimana diketahui, perlombaan festival pacu jalur ini diselenggarakan oleh pemerintah sekali dalam setahun. Pemerintah daerah mengemas kegiatan ini sedemikian rupa, mulai persiapan undangan peserta hingga sampai terlaksananya acara.

Menariknya lagi dalam kegiatan ini, sampan yang akan diperlombakan bukanlah sembarangan. Sampan ini dibuat dari sebatang pohon tanpa sambungan oleh masyarakat. Panjangnya mencapai 30 meter lebih dengan kapasitas 50 orang lebih. Selain itu, sampan yang akan diperlombakan juga dihias dengan ukiran yang menarik sehingga memberikan keindahan tersendiri.

Massive Fire Hits 240 Hectares of Natuna Land

Biasanya, acara ini dihadiri puluhan ribu pengunjung dari berbagai daerah. Pemerintah kabupaten telah berhasil mempromosikan wisata ini ke tingkat nasional. Melalui terselenggaranya acara pacu jalur tentunya memberikan manfaat besar bagi masyarakat lokal. Banyaknya pengunjung seiring dengan peningkatan sektor ekonomi.

Pendapatan daerah akan bertambah, sejumlah tempat penginapan akan dipenuhi pendatang. Tidak hanya itu saja, acara ini juga dapat meningkatkan pendapatan pedagang selama beberapa hari acara berlangsung.

Riau Audit Kasus Stunting, Sorot Keberhasilan Kabupaten Kampar Turunkan Stunting
KPK menetapkan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil sebagai tersangka

KPK Kembali Tetapkan Bupati Meranti Jadi Tersangka, Kini Giliran TPPU dan Gratifikasi

KPK kembali menetapkan Bupati Meranti M Adil sebagai tersangka. Kini penyidik menjeratnya dengan kasus gratifikasi dan TPPU di Kepulauan Meranti, Riau.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.