Mahasiswa KKN 109 Universitas Jember Peringati Hari Anak Nasional

Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Jebung Kidul, Bondowoso (25/7).
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember yang tergabung dalam Kelompok 109 Desa Jebung Kidul menggelar berbagai macam lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SDN Jebung Kidul 1.  

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Ketua Pelaksana, Haris Faturrahman mengatakan Lomba-lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2019 kemarin.

"Hari Anak Nasional merupakan momentum kepedulian segenap elemen bangsa terhadap hak-hak dasar anak Indonesia," katanya (25/7/2019).

Pentingnya Memberikan Pendidikan Moral dan Karakter Anak Sejak Dini

Adapun perlombaan yang digelar antara lain Lomba balap kelereng, memasukkan paku dalam botol dan makan kerupuk untuk siswa kelas 1-3 SD. Sedangkan lomba untuk kelas 4-6 di antaranya, Lomba balap karung, tebak kata, dan Jebung Kidul Pintar.

Acara ini turut bekerjasama dengan Forum Anak Bondowoso (FAB) di mana dalam sambutannya Ketua FAB, Tyo mengatakan “Dengan adanya peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ini dapat memotivasi kita untuk tetap mengejar mimpi dan tetap melestarikan permainan tradisional kita.”

Alternatif Menanggulangi Kekerasan di Dunia Pendidikan

Dalam Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) RI mengangkat tema “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak”, harapannya keluarga berperan kuat dalam upaya pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak.

Sementara itu Kepala SDN Jebung Kidul 1 memberikan pesan terhadap siswa-siswinya bahwasanya “Anak-anak Indonesia harus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkarakter dan budi pekerti luhur,” tegasnya.

Sebelum pelaksanaan lomba dimulai, acara Peringatan Hari Anak Nasional tersebut diawali dengan senam baby shark dan gemu famire bersama seluruh siswa, mahasiswa, anggota forum anak, dan dewan guru di Halaman SDN Jebung Kidul 1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.