11 Cara Hewan Mempertahankan Diri - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 12 September 2019 | 11:06 WIB

11 Cara Hewan Mempertahankan Diri

Setiap hewan memiliki cara tersendiri untuk melindungi diri dari bahaya.
Kupu kupu
Photo :
  • vstory

Kupu kupu

VIVA – Di dunia ini selalu ada kelahiran dan kematian. Begitu juga dengan hewan, apalagi banyak bahaya yang mengancam dalam habitat hewan. Namun, untuk mempertahankan dirinya, maka berbagai jenis binatang mempunyai cara tersendiri, bahkan kadang kala cara tersebut cukup unik dan tidak diketahui oleh manusia maupun binatang lain.

Berikut ini adalah beberapa cara hewan mempertahankan diri:

1. Kalajengking 

Memiliki alat penyengat yang bisa mengeluarkan racun ketika menyengat musuhnya.

2. Cecak dan kadal 

Keduanya akan memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Ekor yang putus akan bergerak-gerak untuk mengelabui pemangsanya.
Setelah itu cecak akan melarikan diri. Sementara itu  ekornya akan tumbuh beberapa bulan kemudian.

3. Ular

Mempunyai bisa yaitu zat yang mengandung racun dan bisa mematikan. Bisa ini ada pada bagian gigi taring. Namun, ada juga ular yang tidak memilki
bisa, yaitu ular sanca.

4. Bunglon 

Melindungi diri dengan cara mimikri, yaitu perubahan warna kulit atau bulu sesuai dengan warna lingkungan sekitarnya. Kemampuan bunglon menyamarkan diri ini supaya kehadirannya tidak terlihat oleh musuh.

5. Kupu-kupu

Mempunyai sayap indah yang berwarna-warni. Sayap ini ternyata berguna untuk mengalihkan perhatian pemangsanya. Ternyata kupu-kupu juga melakukan mimikri untuk melindungi diirnya. Misalnya warna sayap kupu-kupu yang sama dengan warna  lingkungan di sekitarnya.

6. Belalang daun 

Melindungi  dirinya dengan  cara menempel pada daun. Bentuk tubuhnya pipih serta sayapnya yang lebar dan warna tubuhnya hijau mirip daun.

7. Cumi-cumi

Memiliki tinta hitam di dalam tubuhnya yang akan dikeluarkan ketika dirinya terancam bahaya, sehingga pandangan musuh akan kabur.

8. Semut

Dari jenis Camponotus saundersi memiliki kelenjar beracun di dalam tubuhnya, sehingga ketika musuhnya datang, maka ia akan meledakkan
dirinya dan zat beracun tersebut akan mengenai musuh-musuhnya.

9. Ketimun laut

Mempunyai tubuh yang sangat elastis, sehingga ia bisa merubah tubuhnya menjadi bentuk appaun juga, dari mulai menjadi bentuk bubur sampai dengan bentuk padat.

10. Tupai

Akan pura-pura mati dan mengeluarkan busa dari dalam mulutnya sehingga hewan yang akan  memangsanya mengira tupai mati karena keracunan, dan predator itu tentu saja tidak akan memakan hewan yang beracun.

11. Katak

Bisa menghasilkan lendir beracun yang sangat lengket, sehingga ketika ada predator yang ingin memangsanya maka mulut predator tersebut akan lengket oleh lendir tersebut dan tidak bisa terbuka.

Saksikan Juga

VIDEO: Tayang Tahun Depan, Ini Kekuatan Sri Asih!

SHOWBIZ - 7 menit lalu
Topik
loading...
Muat Lainnya...