Inilah 5 Negara dengan Perokok Tertinggi di Dunia

Negara Konsumsi Perokok
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tak sedikit dari masyarakat kita yang aktif merokok. Bagi mereka, rokok sama seperti nasi, yakni sama-sama menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi setiap harinya. Bahkan, sebagian dari mereka bisa menghabiskan dua hingga tiga bungkus rokok dalam sehari.

Bea Cukai Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal di Jember dan Banyuwangi

Tak bisa dipungkiri bahwa rokok membuat manusia sangat candu. Rokok menjadi salah satu isu kesehatan yang paling sering dibahas. Meski sudah banyak penelitian yang membuktikan bahayanya, masih banyak orang yang belum bisa lepas dari produk tembakau ini.

Bahkan, jumlah perokok mencapai sekitar 15 persen dari seluruh penduduk dunia. Pertanyaannya, apakah Indonesia termasuk negara dengan konsumsi rokok terbanyak di dunia? Inilah negara perokok tertinggi di dunia yang saya dapat dari berbagai sumber.

Pasal Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Ancam Pelaku Usaha dan Budaya Indonesia

1. Serbia

Di urutan pertama ada di negara Serbia. Sekitar 3,1 juta orang dari total populasi Serbia sebesar 7,1 juta orang menjadi perokok aktif. Per orang, bisa menghabiskan 2.861 batang rokok setiap tahunnya. Karena hal itu, pemerintah di sana mengeluarkan program anti rokok untuk mengurangi jumlah perokok aktif setiap tahunnya.

Jalin Sinergi, Bea Cukai Madura dan Satpol PP Bangkalan Gelar Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

2. Bulgaria

Sekitar 2,2 juta orang dari total populasi Bulgaria sebesar 7,2 juta orang menjadi perokok aktif. Setiap orang bisa menghabiskan 2.822 batang rokok per tahunnya. Kendati begitu, WHO memprediksi di tahun 2020, perokok aktif di negara tersebut akan berkurang menjadi 1,3 juta orang.

3. Yunani

Sekitar 4,4 juta orang dari total populasi Yunani sebesar 10 juta orang menjadi perokok aktif. Per tahunnya, setiap orang bisa menghabiskan 2.795 batang rokok. Padahal, harga sebungkus rokok di sana sangat mahal, yakni mencapai Rp66 ribu.

4. Rusia

Sekitar 17,8 juta orang dari total populasi Rusia sebesar 47 juta orang menjadi perokok aktif. Setiap orang bisa menghabiskan 2.786 batang rokok per tahunnya. Diketahui, harga rokok di Rusia masih terjangkau. Bisa jadi, karena hal inilah perokok aktif merajalela di sana.

5. Ukraina

Sekitar 12 juta orang di Ukraina menjadi perokok aktif. Setiap tahunnya, per orang bisa menghabiskan 2.401 batang rokok.

Itulah lima negara dengan jumlah perokok terbanyak di dunia. Tapi untuk Indonesia, belum termasuk dalam perokok terbanyak di dunia. Semoga saja Indonesia termasuk perokok paling sedikit di dunia. Saya sarankan kurangi rokok dalam sehari demi kesehatan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.