10 Generasi Z Indonesia yang Sukses Jadi Pengusaha di Bawah 20 Tahun

Sukses di usia muda
Sumber :
  • vstory

VIVA – Banyak cara untuk mencapai kesuksesan di usia muda, dibutuhkan usaha, kerja keras dan pengorbanan untuk menggapainya. Namun, perjalanan menuju kesuksesan tidak selalu mulus. Ada berbagai hal yang sering kali menjadi penghalang kesuksesan. Namun, tak perlu khawatir karena beberapa anak muda ini mampu meraih kesuksesan di usia mereka yang belum genap 20 tahun :

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

1. Wirda Mansur

P

Profil Putri Isnari, Pedangdut yang Dilamar Anak Pengusaha dengan Uang Panai Rp2 M

Putri Yusuf Mansur, Wirda Mansur serius menggeluti bidang bisnis. Di usianya yang masih 19 tahun, Wirda tergolong sukses untuk remaja seusianya.

Anak sulung dari lima bersaudara ini, sekarang tengah menggeluti bisnis di dunia fashion, kosmetik, serta travel. Menjadi pengusaha merupakan salah satu cita-cita Wirda yang sudah tercapai.

Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

Bahkan, penghasilan Wirda sudah terbilang fantastis lho, untuk seorang pengusaha muda. Bahkan kalau dihitung-hitung Wirda sudah bisa untuk membeli rumah dan mobil setiap bulannya.

2. Ammar Mandili

P

Memulai usaha dari nol, Ammar Mandili yang berusia 19 tahun berhasil membangun Usaha Mandili Sentosa yang memprosuksi Lidi Skripsi dan Indohaircut. Ammar telah berkecimpung di dunia bisnis sejak SMP.

Melalui akun instagram Indohaircut ia menghubungkan Barbershop dan Pelanggan. Ammar melahirkan produk rambut yang diberi nama Though Clay. Sampai saat ini ia berpenghasilan 35 juta per harinya.

3. Kevin Ciang

P

Pendiri aplikasi Sosial Media Sestyc, Kevin Ciang yang masih berusia 17 tahun ini. Menciptakan aplikasi seperti Instagram bersama 4 temannya.

Tampilannya lebih sederhana dari Instagram, dengan warna dominan putih dan biru. Pengguna bisa membagikan foto, mengirim pesan instan, dan melakukan panggilan gratis.

Hingga saat ini, aplikasi tersebut sudah diunduh sekitar lebih dari 1.100.000 kali di toko aplikasi Google, Play Store dan App Store.

4. Mauliana Putri

P

Gadis yang masih berusia 18 Tahun ini, memiliki usaha di bidang Masker Wajah yang bernama Mauliana Herbal, bisnis yang ia jalani ini sudah mendapat kepercayaan oleh pelanggan dari berbagai kalangan.

Namanya mulai berkembang saat ia mendapatkan banyak pesanan dari berbagai wilayah di Indonesia. Mauliana juga sering menjual produknya ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Philipina, dan Brunei Darussalam.

5. Almeyda Nayara

P

Almeyda Nayara Alzier, atau akrab disapa dengan Naya, menunjukkan kemampuannya serta kreatifitasnya dalam usia yang sangat muda. Tak hanya kreatif dan cerdas, Naya ini termasuk pengusaha cilik yang sangat sukses berkat jualan slime.

Ya, bocah yang masih berusia 12 tahun ini, sukses berkat kecakapannya dalam membuat slime. Bermodalkan lima puluh ribu rupiah, Naya mulai belanja untuk keperluan eksperimennya dalam membuat slime. Berkali-kali gagal, Naya terus berusaha untuk membuat slime yang baik. Hingga kini pendapatannya mencapai Rp 60 juta/bulan. Naya juga sukses membuka toko offline, sekarang telah memiliki 8 karyawan.

6. Muhammad Akbar maulana

P

Pemuda berusia 19 tahun ini memiliki usaha Desain Grafis dan pemasangan Iklan Blog yang bernama Rabka Design Art serta Rabka Blogger yang tergabung dalam PT. Rabka Madbarlana Group.

Usaha yang digeluti berawal dari skill yang dimilikinya saat ia bersekolah mengambil jurusan Multimedia. Saat itu ia tidak sengaja menerima tawaran orang terdekatnya dalam bentuk jasa desain grafis serta memenangkan lomba artikel promosi yang dibuatnya. Dengan dua bukti itu membuatnya berpenghasilan 45 juta rupiah per bulan untuk saat ini.

7. Putri Nabila

P

Iseng membuat bisnis baju daur ulang bernama Our Trashes saat usianya masih 18 tahun, gadis belia itu adalah Putri Nabila. Ia memulai bisnisnya dengan modal Rp 600.000.

Setelah sempat gagal beberapa kali, ia pun memasarkan enam produk pertamanya dengan harga Rp 200.000. Produk itu laku hanya dalam waktu sekitar seminggu.

Bayangkan saja, jika saat pertama kali berbisnis tahun 2019, mereka hanya memproduksi enam kaus. Dalam beberapa bulan kemudian, mereka sudah bisa menjual 80 baju per minggu.

Bagi Putri, bisnis ini bukanlah yang pertama. Sejak masih bersekolah di SMPN 8 Tangerang Selatan, putri pasangan Yanto Setiawan-Ade Nurhikmah ini sudah berbisnis.

8. Amanda Manopo

P

Remaja berusia 18 tahun yang berawal dari pengalamannya sendiri saat menggunakan produk kecantikan, akhirnya menyebar ke teman-temannya dan menjadi lini bisnis kecantikan sendiri.

Lugue Beauty, merupakan bisnis kosmetik masker wajah. Rilis di tahun 2016 ini, Lugue Beauty berdiri karena pengalaman Amanda saat menggunakan produk kecantikan. Bahkan, omzetnya disebut-sebut telah tembus lebih besar ketimbang honor yang didapatkan Amanda dari membintangi sinetron.

Namun lambat laun, kerja kerasnya mulai membuahkan hasil. Dalam sehari, minimal ia bisa mendapatkan 100 pembeli. Dan belakangan, dalam tiga hari omzetnya terus meningkat hingga tembus puluhan juta. Angka penjualan terus meningkat hingga kemudian melebihi honornya dari bekerja di bintang sinetron.

9. Tiffany kenanga Mandalawangi

P

Remaja berusia 19 tahun ini memiliki bisnis yang cukup menjanjikan, mulai dari jilbab, clothing line dengan brand Tiffany Kenanga Hijab, hingga kini merambah ke bisnis sepatu dengan brand Tiffany Kenanga Signature.

Kesuksesan ini tidak instan diperolehnya, melalui banyak rintangan dan proses. Berkat dukungan orangtua, kegigihan, dan ketekunannya, Tiffany kini bisa merasakan berkembangnya perusahaan yang dia bangun sedari nol.

Bisnisnya diawali dari ide menjual hijab dan scarf melalui akun media sosial (Instagram). Selera dan style fesyennya yang unik dan menarik, diminati dan mendapat respon positif dari para penggemar dan followers-nya, yang kemudian menyarankannya untuk membuat label fesyen sendiri.

10. Nadya Pinem

P

Selain sebagai mahasiswa, ia juga seorang pengusaha bahkan di usianya yang masih terbilang muda yaitu 19 tahun. Ia sudah menjadi founder dari preorderbynad yang menjual Aksesoris, Kosmetik, serta Pakaian Wanita.

Bisnisnya kian membesar dan kemampuan serta kecerdasan termasuk gaya komunikasinya telah menghipnotis banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.