Cara Ampuh Mengatasi Jerawat yang Membandel

Kulit berjawat sering kali membuat kita tidak percaya diri.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Jerawat adalah masalah kulit yang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Pasalnya, jerawat akan membuat wajah kita tak elok dan kurang enak dipandang. Apalagi jerawat di wajah kita sampai meradang. Alhasil, terdapat benjolan merah di kulit yang disertai pembengkakan dan timbul rasa sakit jika tersentuh.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Peradangan jerawat ini timbul disebabkan kondisi kulit Anda yang kurang sehat. Terutama jika jerawat menjadi langganan Anda hampir tiap bulan, bisa jadi proses pelepasan sel kulit mati lebih cepat sehingga terjadi penumpukan dan penyumbatan pori-pori kulit wajah.

Penumpukan sel kulit mati ini akan menjadi komedo yang merupakan tempat perkembangbiakan bakteri. Nah, infeksi yang terjadi akibat perkembangbiakan bakteri ini menyebabkan peradangan kulit wajah.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Sebenarnya, cara termudah mengatasi jerawat membandel pada kulit wajah adalah dengan menggunakan skincare dan merawat kulit secara teratur. Untuk Anda yang ingin segera mengenyahkan jerawat, gunakanlah produk skincare yang mengandung bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida.

Tapi jika Anda masih ragu, bisa tanyakan langsung kepada dokter kecantikan. Biasanya dokter akan merekomendasikan obat jerawat, krim, atau resep khusus, di antaranya antibiotik (pengontrol perkembangbiakan bakteri), retinod (vitamin A pengangkat sel kulit mati), dan isotretinoin (vitamin A yang dikemas dalam bentuk obat).

Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial

Untuk ibu hamil, sebaiknya perlu mengkonsultasikan secara khusus pada dokter. Selain penggunaan skincare atau obat jerawat, sebenarnya Anda perlu melakukan perawatan rutin untuk mengatasi jerawat yang membandel, seperti rutin mencuci wajah, mandi setelah olah raga, menggunakan sabun pembersih, pelembab wajah atau tabir surya, serta menggunakan makeup yang bebas minyak untuk mencegah sumbatan pada pori-pori kulit.

Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.