KKN UNS: Lawan COVID-19 Melalui Poster dan Instagram

Bima (kiri) dan Kepala Dusun Sandeyan Bapak Aris (kanan)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Covid-19 pertama muncul di China pada Bulan Desember tahun 2019 dan ditetapkan sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Covid-19 hingga saat ini masih terus mewabah di penjuru dunia.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Covid-19 sejak pertama muncul telah menghambat berbagai aktivitas. Salah satunya adalah aktivitas belajar mengajar di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang dilakukan dalam jaringan (daring). Tak terkecuali kegiatan wajib bagi mahasiswa yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN).

UNS melakukan terobosan baru dengan mengubah KKN biasa menjadi KKN Relawan Covid-19 yang dilaksanakan lebih awal daripada biasanya. Tahun ini KKN Relawan Covid-19 dilaksanakan pada awal bulan Mei dan dilaksanakan secara individu di lingkungan sekitar mahasiswanya berada.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

UNS memulai KKN Relawan Covid-19 lebih awal agar mahasiswa dapat mengambil andil dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini. KKN Relawan Covid-19 ini diikuti oleh ribuan mahasiswa UNS dari berbagai fakultas dan program studi.

Salah satu mahasiswa yang melaksanakan kegiatan ini adalah Bima Wahyu Wijaya yang merupakan mahasiswa program studi Kedokteran UNS Solo.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Dalam menjalankan program kerjanya, Bima dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.Si. Bima melaksanakan KKN Relawan Covid-19 di Dusun Sandeyan RT 04 atau yang biasa dikenal dengan dusun Bebekan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, DIY.

Program kerja yang dilakukan oleh Bima berupa pembagian masker dan edukasi dengan membuat booklet seputar Covid-19 untuk warga Dusun Bebekan dan sekitarnya.

Bima juga menyiapkan sabun di masjid dusun Bebekan untuk keperluan Salat Jumat yang kembali diadakan setelah pemerintah mengumumkan berlakunya norma baru.

Bima juga membuat poster mengenai norma baru sebagai sarana edukasi yang di bagikan ke beberapa tempat. Selain itu Bima bersama dengan sembilan orang mahasiswa kedokteran UNS juga membuat sebuah akun instagram.

Akun bernama kkn.covid.uns.diy ini merupakan sarana edukasi yang berlandaskan sumber terpercaya (evidence based medicine). Akun instagram kkn.covid.uns.diy juga membahas seputar mitos dan fakta seputar Covid-19 sehingga dapat membantu pemberantasan berita hoax Covid-19. (Bima Wahyu Wijaya, mahasiswa program studi Kedokteran UNS Solo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.