+100 Daftar Guest Post Gratis di Indonesia

Ilustrasi : Guest Post Sebagai Salah Satu Strategi Marketing
Sumber :
  • vstory

VIVA – Victo Glend membagikan lebih 100 situs guest post atau penulis tamu gratis di Indonesia yang terus diupdate setiap minggunya di situsnya. Guest post dapat dijadikan sebagai media promosi situs dan meningkatkan trafik. Sehingga dapat mempermudah para penulis lepas atau mungkin digital marketing dalam membangun relasi dan promosi sebagai guest post. Cara mengirimkan tulisan sebagai guest post cukup dengan email ataupun mengisi form di situs yang di targetkan. 

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Sumber : VictoGlend.com

Sumber : VictoGlend.com

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Apa itu Guest Post atau Penulis Tamu?

Guest post adalah salah satu strategi untuk mempromosikan situs dengan cara menjadi penulis kontributor di situs lain. Guest post menawarkan berbagai macam niche audiens yang beragam. Mulai dari teknologi, kesehatan, parenting, fashion, gadget, sport dan lain-lain.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Oleh karena itu, guest post merupakan salah satu strategi marketing yang paling cocok untuk meningkatkan trafik organik. Sehingga mengurangi biaya iklan dan meningkatkan kesadaran brand.

Manfaat Menjadi Penulis Tamu

Guest Post sendiri memiliki banyak manfaat jangka panjang bagi bisnis maupun situs kedua belah pihak (penerima tulisan dan penulis tamu) antara lain:

  1. Membangun Relasi dengan Blogger
    Relasi dengan para blogger akan menjadi sebuah investasi waktu yang baik bagi para pemilik situs atau digital marketing. Blogger suka sekali mereview tulisan, produk, jasa layanan, tempat traveling, atau mungkin situs kamu. Maka sangat penting sekali untuk membangun relasi dengan para Blogger agar mendapatkan review gratis.

  2. Mendapatkan Lebih Banyak Trafik
    Menulis di situs lain akan membantu dalam meningkatkan trafik bagi kedua belah pihak. Bagi penerima tulisan guest post akan mendapatkan konten terbaru dan unik yang bisa diposting di situsnya. Begitu pula dengan penulis tamu yang bisa mendapatkan trafik dari penulis tamu dengan cara menautkan alamat situs kamu sebagai sumber penulisan atau referensi.

  3. Mendapatkan Backlink Berkualitas
    Backlink adalah salah satu faktor utama bagi situs yang memanfaatkan SEO. Backlink dijadikan sebagai tolak ukur tingkat popularitas dari situs tersebut. Nantinya akan menjadi faktor penentu untuk menaikan ranking pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google. Kebanyakan backlink yang diberikan dari review gratis adalah nofolow, sedangkan dengan menjadi penulis tamu atau guest post. Kamu bisa mendapatkan backlink dofolow yang lebih berkualitas.

  4. Menaikan Ranking Kata Kunci (Keyword)
    Dengan bertambahnya backlink, maka secara tidak langsung akan menaikan kata kunci yang kita targetkan. Ini sangat penting sekali bagi situs yang ingin mendapatkan trafik atau penjualan yang lebih baik. Ranking kata kunci dapat menaikan kemungkinan bahwa situs yang kamu optimalisasi di SEO lebih mudah untuk ditemukan oleh users.

  5. Membangun Kesadaran Brand
    Tentu menjadi guest post dapat meningkatkan kesadaran brand, hal ini karena banyak sekali situs yang memberikan review kepada brand yang sering berkontribusi sebagai penulis tamu di situsnya. Bagi para blogger yang menerima tulisan tamu, tentu hal ini dapat menjadi portfolio yang bagus jika ingin menjual hasil tulisan kepada para agensi atau pengiklan yang membutuhkan jasa tulisan di situs mereka.

  6. Menghemat Waktu Untuk Mendapatkan Konten Unik
    Bagi para blogger yang menerima tulisan tamu akan mendapatkan manfaat lainnya. Yaitu menghemat waktu dalam memproduksi konten baru setiap harinya. Dengan begitu, blogger hanya perlu meninjau kembali apakah konten yang dikumpulkan oleh para guest post sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.

  7. Menjangkau Lebih Banyak Niche Audiens
    Tentunya hal ini sangat penting sekali bagi blogger ataupun para penulis tamu. Dengan banyak konten yang menarik dan unik setiap harinya, akan membantu untuk menjangkau lebih banyak audiens baru yang mungkin belum pernah dijangkau sebelumnya. 

Kesimpulannya adalah menjadi penulis tamu atau guest post akan memberikan banyak manfaat bagi penulis dan blogger. Victo Glend berbagi beberapa strategi marketing yang cocok bagi para pemula, dan salah satunya adalah dengan memberikan lebih dari 100 daftar situs yang menerima tulisan tamu. Sehingga kamu tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk melakukan riset atau menggunakan banyak agensi yang mahal untuk mendapatkan review di situs lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.