6 Mitos Aneh di Indonesia yang Bikin Tercengang

Ilustrasi mitos Jepang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia penuh dengan banyak mitos, bahkan sampai kita bingung sebenarnya antara mitos dan fakta itu sebenarnya sama atau berbeda? Dari beberapa daerah disebutkan ada beberapa mitos. Entah dari turunan nenek moyang atau cerita dari mulut ke mulut, yang pastinya membuat banyak orang percaya dan mengikuti mitos tersebut.

Misteri 2 Ular Raksasa Sowan ke Makam Sunan Kalijaga, Dipercaya Sebabkan Banjir Demak

Walaupun hanya isapan jempol belaka tetapi banyak yang percaya dengan mitos,karena konon beberapa mitos benar-benar nyata. Berikut ini kami akan membahas mitos teraneh di Indonesia.

1. Menyapu Bersih agar Suami Tidak Berewok

Mitos Paling Aneh di Sepakbola, Osama Bin Laden hingga Nicky Hayden Meninggal Gegara Gol Pemain Ini?

Pekerjaan menyapu ini adalah pekerjaan perempuan, yang pastinya sering diidentik dengan menyapu. Sepertinya banyak perempuan yang mempercayainya, bila tak bersih menyapu maka suami juga akan berewok. Secara logika sebenarnya tak masuk akal, tapi tak sedikit beberapa orang mempercayainya.
 

2. Bersiul di Malam Hari Dapat Memanggil Setan

10 Mitos dalam Tahun Baru Imlek, Ada Tradisi Pakai Celana Dalam Merah

Bersiul di malam hari dapat memanggil setan? Sebenarnya agak masuk akal. Karena di malam hari kita tak tahu apakah ada penghuni jalan atau penunggu yang diam di suatu tempat. Sudah seharusnya kita menghormati mitos ini, karena termasuk mitos yang masuk akal.

3. Duduk di Depan Pintu Sulit Jodoh

Mitos ini termasuk tak masuk akal karena memang apa hubungannya tempat duduk dan jodoh? Jawabannya tak masuk akal. Saat wanita dan pria yang sedang duduk dekat pintu pasti sering ditegur, beberapa orang percaya dan beberapa orang tak percaya. Bagaimana dengan Anda?

4. Dilarang Keluar Saat Maghrib

Sebelum teknologi canggih kita sering bermain keluar, ada beberapa orangtua melarang kita bermain saat Magrib karena memang berbahaya bila sudah keluar malam.

Ada mitos larangan keluar saat Magrib, karena adanya wewe gombel. Beberapa kasus penculikan anak oleh wewe gombel benar-benar terjadi. Lalu,bagaimana sebenarnya? apakah benar?

5. Mitos Dilarang Menggunakan Baju Hijau Ke Pantai

Entah ini termasuk mitos atau kenyataan, faktanya banyak orang yang hilang karena menggunakan baju hijau saat ke pantai selatan. Tak heran orang banyak yang mempercayai mitos ini karena memang tak ingin hilang.

6. Tidak Boleh Menggunting Kuku Saat Malam Hari

Apakah Anda percaya? sepertinya agak nyeleneh. Tetapi,banyak orang yang percaya bila tak boleh menggunting kuku saat malam hari. Ya, sebenarnya tergantung Anda apakah percaya apa tidak dengan mitos ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.