KKN Mode Baru di Era Pandemi COVID-19

KKN mahasiswa UMM
Sumber :
  • u report

VIVA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan syarat kelulusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dikarenakan pandemi covid-19 yang sedang berlangsung, kampus dengan jaket berwarna biru telur asin ini melakukan inovasi baru dalam bidang KKN.

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

UNS mewajibkan KKN secara mandiri di desa masing-masing dengan mengusung tema tanggap wabah covid-19. KKN diselenggarakan dalam 3 periode, yakni April-Juni, Mei-Juni, dan Juni-Juli. Rizki Aulia Sari (20), salah seorang mahasiswa UNS Fakultas FMIPA, di bawah bimbingan Ibu Susi Wuri Ani, S.P., M.P. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), melaksanakan KKN UNS di Era COVID-19 Batch III di Jawa Tengah.

Kegiatan berlangsung 2 Juni – 17 Juli 2020 dengan mengangkat tema besar “Supporting Pemahaman Masyarakat dalam Menghadapi C-19”. Beberapa kegiatan KKN yang dilaksanakan adalah memberi pemahaman kepada masyarakat setempat mengenai Covid-19 dan sosialisasi new normal, mengedukasi masyarakat tentang cara mencuci tangan sesuai anjuran WHO, memberi referensi kegiatan yang dapat dilakukan di rumah selama masa pandemi berlangsung, dan melakukan kegiatan membuat masker kain bersama masyarakat sekitar.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Pelaksanaan KKN daring dilakukan dengan sosialisasi Covid-19 dan new normal melalui grup WhatsApp dan Facebook, kemudian pembuatan video edukatif mengenai cara mencuci tangan sesuai anjuran WHO dan video referensi kegiatan #DiRumahAja, selama masa pandemi berlangsung yang diunggah pada platform YouTube.

 Pelaksanaan KKN yang dilakukan adalah sosialisasi dari rumah ke rumah mengenai pemahaman Covid-19 dan new normal, serta edukasi cara mencuci tangan sesuai anjuran WHO. Selain itu, warga setempat juga diajak berpartisipasi dalam kegiatan pembuatan masker kain yang dilaksanakan di rumah orangtua Rizki.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Dalam kegiatan ini, terlihat antusiasme yang ditunjukkan masyarakat selama kegiatan berlangsung.

Jumat (10/07/2020) - Pembuatan Masker Kain bersama Masyarakat Setempat / dokpri

Jumat (10/07/2020) - Pembuatan Masker Kain bersama Masyarakat Setempat / dokpri

Dengan berakhirnya kegiatan KKN ini diharapkan mampu memberikan pemahaman bagi masyarakat, tentang pengertian, gejala, bahaya, serta pencegahan terhadap wabah Covid-19. Selain itu, kegiatan KKN ini diharapkan mampu menyadarkan serta mendorong masyarakat untuk senantiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta social dan physical distancing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.