Begini Tahapan Cara Pasang Penangkal Petir

Ilustrasi menangkal datangnya petir.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebelum membahas 3 tahapan cara pasang instalasi penangkal petir yang perlu kita perhatikan adalah tetap mengikuti prosedur standar yang ada,seperti dari segi material yang digunakan dan penempatan penangkal petir yang tepat untuk mengcover area/bangunan yang akan dipasang. Berikut ini ada terdapat 3 tahapan yang disebutkan di atas.

BMKG: Hari Ini Sebagian Wilayah Indonesia Masih Berpotensi Hujan dan Angin Kencang

1. Instalasi Grounding sistem

Pada tahap awal pengerjaan di mulai dengan mengerjakan bagian grounding sistem terlebih dahulu, dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan maka cari lokasi yang terdekat dari letak penangkal petir yang akan dipasang.

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Setelah menentukan titik grounding langkah selanjutnya adalah instalasi pengeboran/pembumian dan pemasangan material batang pembumian (ground rod/Cooper Rod) yang nantinya dikoneksikan dengan kabel penyalur,kemudian dilakukan pengukuran resistansi/tahanan tanah menggunakan Earth Testermeter apabila hasil pengukuran tersebut menunjukan < 5>

Seandainya hasil resistansi/tahanan tanah menunjukan > 5 Ohm maka di lakukan pembuatan atau penambahan grounding lagi di sebelahnya dan di pararelkan dengan grounding pertama agar resistansi/tahanan tanahnya menurun hingga mendapatkan nilai yang sesuai dengan standarnya < 5>

Viral Video Pemain Bola Tewas Mengenaskan Usai Tersambar Petir di Stadion Siliwangi

2. Kabel Penyalur / Konduktor

Setelah selesai membuat grounding, langkah selanjutnya adalah memasang kabel penyalur (Down Conductor) dari titik grounding sampai keatas bangunan ataupun sebaliknya, tentunya dengan mempertimbangkan jalur kabel yang terdekat dengan pembuatan grounding dan hindari banyak belokan/tekukkan 90 derajat, agar tidak terjadi lonjakan arus dan meminimalisir kebutuhan material serta kualitas instalasi dapat efektif dan efisien.

Kabel penyalur petir yang biasa di gunakan antara lain BC (Bare Copper), NYY atau Coaxial. Untuk tempat – tempat tertentu sebaiknya di beri pipa pelindung (Conduite) dengan maksud kerapihan dan keamanan.

3. Head terminal / Ujung penangkal petir

Bila kabel penyalur petir telah terpasang dengan rapih, maka tahap selanjutnya pemasangan head terminal petir/ujung penangkal petir,penempatan ujung penangkal petir harus di atas bangunan yang paling tinggi.

Pada pengapliasian-nya minimal 60Cm s/d 1 mtr diatas bangunan untuk sistem penangkal petir konvensional, dan untuk penangkal petir elektrostatis minimal 6 meter di atas bangunan dengan dibantu alat penunjang lainya kemudian di hubungkan dengan kabel konduktor sampai ke grounding yang sudah ditentukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.