Keringanan UKT untuk Mahasiswa Terdampak COVID-19

Keringanan UKT untuk Mahasiswa Terdampak COVID-19

Jumat, 3 Juli 2020 | 13:41 WIB
Oleh :
Keringanan UKT untuk PTN dan bantuan dana UKT khususnya untuk PTS menjadi langkah bijak.
Ilustrasi kebijakan bantuan bagi mahasiswa terdampak pandemi
Photo :
  • vstory

Ilustrasi kebijakan bantuan bagi mahasiswa terdampak pandemi

VIVA – Beberapa waktu lalu, kelompok mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menuntut keringanan biaya UKT. Sebab, pandemi Covid-19 dirasakan telah berdampak terhadap kondisi ekonomi, sehingga beban UKT dirasa menjadi berat.

Menjawab aspirasi tersebut, Mendikbud langsung mengeluarkan skema kebijakan untuk membantu mahaswa yang menghadapi kendala ekonomi akibat pandemi ini. Melalui Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020, Kemendikbud memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengalami kendala finansial karena dampak pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut dibuat dalam rangka memastikan bahwa keringanan dan fleksibilitas UKT bisa terjadi di semua perguruan tinggi.  

 Di dalam Siaran Pers Nomor 142/sipres/A6/VI/2020, dijelaskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 tahun 2020 adalah tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada empat arahan kebijakan baru terkait dengan penyesuaian UKT mahasiswa di dalam Permendikbud tersebut. Yaitu:

1.    UKT dapat disesuaikan untuk mahasiswa yang keluarganya mengalami kendala finansial akibat pandemi COVID-19.

2.    Mahasiswa tidak wajib membayar UKT jika sedang cuti kuliah atau tidak mengambil satuan kredit semester (SKS) sama sekali (misalnya: menunggu kelulusan).

3.    Pemimpin perguruan tinggi dapat memberikan keringanan UKT dan/atau memberlakuan UKT baru terhadap mahasiswa.

4.    Mahasiswa di masa akhir kuliah membayar paling tinggi 50% UKT jika mengambil ?6 SKS. Poin ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 9 pada program sarjana dan sarjana terapan (S1, D4), dan mahasiswa semester 7 bagi mahasiswa program D3.

Mencermati berbagai poin kebijakan tersebut, Kemdikbud memberikan berbagai bentuk keringanan. Yakni cicilan UKT, penundaan UKT, penurunan UKT, beasiswa, hingga infrastruktur.  

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

Berita Terkait :
Topik
Saksikan Juga