New Normal dan Corona yang Mengubah Segalanya

Covid-19 mengubah tatanan kehidupan manusia di bumi
Sumber :
  • vstory

VIVA - Corona atau virus Covid-19 bukan lagi merupakan wabah yang menyebabkan manusia sesak napas hingga meninggal. Ia lebih dari itu. Ia menjadi semacam pintu lain yang mengubah segala apa pun yang ada di bumi.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Dengan kata lain, bumi kita sekarang ini berbeda dari sebelumnya. Meskipun rentang waktu 3 bulan semenjak virus ini merebak di seantero bumi, dampak yang terjadi lebih besar dari itu.

Beberapa dampak yang paling krusial adalah macetnya sendi-sendi perekonomian dunia. Setiap negara di dunia berjibaku mengatasi kemerosotan perekonomian. Tak terkecuali di Indonesia.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Akibat penutupan akses ke tempat-tempat keramaian, jadi banyak sektor bisnis yang bergerak pada ranah wisata, perhotelan, dan mall terguncang. Bahkan ada juga perusahaan yang menutup bisnisnya karena sudah tidak mampu lagi bangkit di saat seperti ini.

Di samping banyak perusahaan yang gulung tikar, gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) juga terjadi di mana-mana. Kurang lebih 10 juta orang diberhentikan atau dirumahkan. Sebagian lainnya masih ada yang tetap bekerja, tetapi ada konsekuensi khusus yang didapat: gaji tidak utuh alias dipotong. Potongan gaji pun bermacam-macam, bergantung pada kebijakan manajemen perusahaan. Selebihnya, mungkin sebagian kecil, masih dapat bekerja dengan aman, tanpa adanya pemotongan gaji.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Keadaan sekarang ini sungguh di luar prediksi. Memang "kepastian" itu tidak pernah ada. Yang ada hanya ketidakpastian. Tidak hanya satu dua orang saja yang dirugikan, tetapi umumnya umat manusia di muka bumi.

Dampak pandemi ini seperti efek bola salju. Tapi kita tak tahu bakal sebesar apa lagi bola salju tersebut. Pasalnya, hingga kini di Indonesia sendiri terus terjadi penambahan pasien yang terjangkit Corona.

Perubahan tatanan kehidupan

Yang jelas, tidak hanya sendi ekonomi yang porak-poranda. Tapi di berbagai hal berubah. Dari mulai dari kita berhubungan sosial hingga cara kita memandang kehidupan juga ikut berubah! Mau tak mau memang ini yang alam siapkan untuk kita semua.

Karena itu, sebenarnya kita dituntut untuk lebih proaktif dalam menjalani kehidupan. Kita diminta untuk lebih bekerja keras dan cerdas dalam menghadapi keadaan sekarang ini. Apakah kita sudah siap menghadapi zaman pasca-covid-19 ini?

Tentunya, akan ada banyak bidang profesi yang menghilang dan ada bidang profesi yang baru bermunculan. Begitu pun ada bidang bisnis yang menghilang dan ada bidang bisnis baru yang bermunculan. Gambaran kasar seperti ini membuat manusia dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi yang tidak pasti seperti sekarang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.