- vstory
VIVA – Logo adalah nama brand di pasaran, di dalam dunia bisnis diibaratkan sebagai wajah yang mewakili gambaran suatu dan produk. Industri rumahan, perusahan besar, bahkan toko online yang berjualan di media sosial saja juga membuat logo untuk mewakili bisnisnya.
Namun, membuat logo suatu brand bukan perkara yang gampang. Mendesain logo yang menarik membutuhkan kreativitas yang tinggi. Seringkali, pemilik usaha dan desainer grafis membutuhkan waktu yang panjang untuk memikirkan ide hingga menyelesaikan desain logo.
Nah! Berikut ini adalah Tips Membuat Logo Branding:
Cari Referensi Logo
Carilah referensi logo sebanyak mungkin di internet. Mencari referensi logo bukan untuk menjiplak, melainkan untuk mendapatkan inspirasi.
Dengan melihat referensi desain logo orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, sobatblog akan memiliki perbandingan dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan tidak mirip dengan yang lain.
Simpel
Simple merupakan kata kunci yang sangat penting untuk logo anda. Semakin simpel tampilan logo. Semakin bagus dan mudah diingat. Nah! ketika sobatblog bisa menciptakan tampilan logo yang sederhana. Berati sobatblog bisa menyampaikan citra brand dengan efektif & efisien.
Logo yang simpel juga tercermin dari pemilihan bentuknya dan elemennya, serta warnanya juga. Sobatblog tidak disarankan untuk memakai lebih dari tiga kombinasi warna disebuah logo sobatblog.
Membuat Sketsa
Untuk yang ketiga. Rangcanglah beberapa sketsa sebagai alternatif dan membuat sketsa terlebih dahulu. sobatblog bisa mengeksplorasi desain dan jadi punya gambaran bentuk logo yang mana yang paling baik untuk dikembangkan.
Unik
Logo membantu sobatblog membedakan diri dari usaha kompetitor. Akan lebih baik lagi, jika keunikan logo ikut mewakili kelebihan atau sisi unik bisnis sobatblog.
Cara termudah ialah dengan melawan tren logo di bidang usaha yang sobatblog geluti. Contohnya, bisnis coffee shop tak melulu harus memiliki desain logo berupa gambar cangkir atau biji Kopi.
Memiliki Filosofi
Bentuk logo bisa dibuat berupa rangkaian gambar atau huruf, maupun gabungan keduanya. Pembuatan logo juga memperhatikan warna.
Ada yang satu warna, ada yang beberapa warna. Sebaiknya, bentuk dan warna tersebut memiliki filosofi tersendiri yang dapat mengungkapkan nilai suatu brand.
Sebab filosofi dalam logo memberikan makna yang mendalam sehingga lebih berkesan karena ternyata logonya dibuat penuh arti.