Begini Cara Mudah Melakukan Perencanaan Keuangan

Cara Mudah Melakukan Financial Planning (Dokumentasi Pribadi)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Perencanaan keuangan memang menjadi hal yang penting untuk dilakukan terlepas dari usia ataupun berapapun pendapatannya. Namun, masih banyak yang belum mengetahui, bagaimana perencanaan keuangan yang baik sehingga pengeluaran pun terkendali. Nah, berikut ini terdapat cara-cara perencanaan keuangan yang mudah untuk dilakukan. Kira-kira, apa saja ya?

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

#1 Financial Check Up!

Selalu cek kondisi keuangan baik di dompet, di rekening atau di catatan. Jangan-jangan, punya hutang yang belum dibayar? Atau mungkin,  pengeluaran di rekening ternyata tidak terkendali. Itulah pentingnya selalu cek kondisi keuangan kita agar pengeluaran per hari tetap terkendali.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

#2  Kelola Arus Kas!

Hal yang penting untuk diketahui adalah rezeki itu mengandung 5 hal yakni hak orang lain, hak  hidup masa sulit, hak hidup hari ini, hak  hidup masa depan dan hak masyarakat. Karena harta yang dimiliki bukan sepenuhnya milik kita, maka kita perlu menunaikan zakat, infak atau sedekah untuk memberikan sebagian hak orang lain.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Kita juga wajib menabung dan melakukan investasi agar hak di masa sulit dan di masa depan tetap terpenuhi selain hak untuk hidup hari ini. Setelah mengetahui beragam hak-hak tersebut, kita menjadi paham apa saja yang perlu kita penuhi dibandingkan apa saja yang kita inginkan.

#3 Merencanakan Keuangan

Poin sebelumnya membuat kita sadar akan pengeluaran yang memang wajib kita keluarkan. Maka upaya selanjutnya adalah membuat pos-pos pengeluaran untuk satu bulan. Contohnya dengan gaji Rp. 6 juta, kita catat pengeluaran satu bulan sesuai dengan kebutuhan diantaranya untuk pos zakat 2.5 ?ri harta, pos 5% untuk nabung dan seterusnya. Jangan lupa untuk memasukkan dana darurat yang disisihkan dari pendapatan agar pengeluaran dalam satu bulan tetap sesuai dengan rencana ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.