#SalingKuatMenguatkan Bersama Pedagang Kecil Yuk!

Pembagian Masker serta Sosialisasi pencegahan Covid-19 di Balikpapan dan Gresik
Sumber :
  • vstory

VIVA – Masa pandemi COVID-19 tidak menghalangi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengabdian pada masyarakat. Salah satu tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM kelompok 33 di kecamatan Balikpapan dan Gresik terus melanjutkan upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Sejak Kamis (16/7) sampai dengan Selasa (21/7) lalu, mahasiswa UMM melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona, penggunaan masker yang benar dan pembagian masker gratis pada UKM maupun pedagang kaki lima yang masih tetap mencari penghasilan di tengah pandemi saat ini.

Kegiatan sosialisasi dan pembagian masker ini bertujuan agar para UKM dan pedagang dapat mengetahui cara untuk mencegah penularan ketika sedang berinteraksi dengan para pembeli, sehingga dapat meminimalkan penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal (human to human transmission). 

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memakai masker yang benar, menjaga jarak minimal 1 meter, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, serta mencuci tangan dengan sabun sesuai anjuran WHO.

Selama terjun ke lokasi jual-beli, masih banyak ditemukan para penjual yang tidak menggunakan masker saat melakukan transaksi hingga masih adanya kesalahan dalam penggunaan masker.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Selain itu, para pembeli juga didapati masih lalai dalam menaati aturan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya (physical distancing) selama melakukan antrian maupun transaksi kepada penjual.

Tidak hanya berhenti pada sosialisasi masyarakat saja, kelompok 33 PMM UMM ini juga memanfaatkan platform media sosial yaitu “Instagram: untuk melakukan edukasi seputar Covid-19 guna menjangkau kelompok masyarakat yang lebih luas dari berbagai kalangan usia.

Selain itu, kelompok 33 PMM UMM ini juga memanfaatkan platform tersebut sebagai media promosi produk UKM yang berada di daerah Gresik dan Balikpapan sebagai upaya menaikkan penjualan di masa pandemi ini. Dilansir dari platfrom Instagram (@pmm33.umm) produk yang dipasarkan di antaranya berbagai macam kripik dan kue.

Pengabdian masyarakat ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sendi Lia Yunita, M.Sc. dan beranggotakan 4 orang yaitu Sukma Oktavia, Mahliga Hanin H, Amatullah Rusydah A, Aisyah Nurlitasari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.