TNI Bersifat Ma'ruf Masuk ke Swasta

TNI bersama rakyat untuk rakyat. (Foto/antaranews)
Sumber :
  • vstory

VIVA - Mike Hudson adalah penulis beberapa buku, di antaranya menulis buku berjudul: Four Horsemen atau empat penunggang kuda.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Maksudnya dia menjelaskan bahwa, misalnya cadangan devisa negara itu dicatat oleh BI, namun pada pelaksanaannya, devisa tersebut dipegang oleh para TKW, atau eksportir. Kalau dicek, nama pemilik devisa USD adalah seperti James, Anthony, Michael dan Budi.

Nah, peran BI ini hanya nyatat. Tok.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Demikian country risk, misalnya Moody's memberi rating Republik Indonesia BBB+ namun pada praktiknya, konsultan RI adalah Mc Kinsey dan Tony Blair. Merekalah yang mengajak JP MORGAN, Citibank, Masayoshi son, Jack Ma, Donald Trump Jr masuk ke Indonesia di orkestrasi oleh Mc Kinsey dan Tony Blair.

Alhasil, pemegang tampuk kuasa, the four horsemen adalah JP MORGAN, Citibank, Masayoshi son, Jack Ma, Donald Trump Jr.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Bagaimana negara, BI, OJK kedodoran.

Sekarang Bambang Tri di cekal. Kenapa? Gara gara utang Sea games. Oalah. Gusti.

TNI dan Dwifungsi

Zaman jadul cita-cita supremasi sipil menggelora gara gara melawan TNI dan dwifungsi. Pertanyaannya setelah supremasi militer jatuh, siapakah pemegang kekuasaan defacto?

Kenyataannya sekarang yang berkuasa boro-boro supremasi sipil. Rakyat ngowos di depan Indomaret. To be in or not to be? Pertanyaannya, mau masuk ke dalam Indomaret, duit sisa Rp20.000 atau buat ongkos?

Dengan demikian konsep supremasi sipil ini masuk angin, kenyataan kuasa di tangan swasta.

Adanya larangan TNI memiliki saham di swasta itu bukan berarti haram mutlak. Itu sifatnya halal, atau sifatnya ma'ruf (baik).

Syaratnya adalah, dalam kondisi kekuasaan dipegang oleh Covid maka, ketahanan masyarakat dijaga oleh TNI melawan pandemi.

Dalam kondisi kuasa dipegang musuh, Jepang maka TNI menjaganya dari lawan.

Dalam kondisi kuasa dipegang penjudi, narkoba, atau bandar maka TNI wajib menjaga masyarakat lawan mereka.

Nah, pada kondisi kuasa dipegang swasta, bagaimana mungkin TNI dilarang masuk? Itu ibarat negara dikuasai heroin, TNI dilarang masuk?

Pada saat kuasa dipegang swasta, maka TNI sifatnya ma'ruf. Amr Ma'ruf wa Nahy  Munkar ", sering diterjemahkan sebagai "Perintahkan yang baik dan hindari yang jahat".  (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM, Alumni IPB Teknologi Pangan, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia Lulus 1989)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.