Tips Super Aman Berwisata di Masa Pandemi

Tamasya di masa corona
Sumber :
  • vstory

VIVA – Piknik atau berwisata sekarang ini bukan hanya kebutuhan tersier. Tapi sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak heran, kalau kita melihat berbagai tempat wisata dipenuhi oleh pengunjung. Padahal sekarang ini virus corona sedang melanda.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Sejatinya, berwisata itu membutuhkan banyak hal. Mulai dari biaya yang cukup besar, energi dan kemauan. Bila memang hasrat berwisata tidak bisa dikendalikan, alangkah baiknya jika pelaku wisata bisa lebih memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi sekarang ini.

Menggunakan masker atau pelindung wajah sangatlah penting. Kemudian mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Memenuhi ketentuan menjaga jarak minimal satu meter pada saat berinteraksi dan duduk. Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) supaya meminimalisir datangnya kuman penyakit.

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Demi keamanan diri dan orang lain, kita dianjurkan menutup hidung dan mulut dengan tisu atau sapu tangan pada saat bersin dan batuk. Menghindari penggunaan tangan secara langsung menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut. Karena akan mempermudah penularan virus atau bakteri penyakit.

Secara rutin lebih baik mengukur suhu tubuh. Selain itu membersihkan barang pribadi lebih baik, seperti handphone, kacamata, tas, masker dan barang laiinnya dengan cairan desinfektan. Ketika petugas akan memeriksa kita sebaiknya lebih kooperatif, demi kesehatan diri kita dan orang sekitar.

Membongkar Tuduhan Pratikno sebagai Operator Politik Jokowi, Strategi untuk Menjatuhkan

Lebih penting lagi kita wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Misalnya masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu jika keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui kondisi kesehatannya.

Apalagi di tempat wisata biasanya banyak orang. Apabila tempat wisata yang kita kunjungi, pengunjungnya terlalu banyak (berjubel), sebaiknya kita kembali ke rumah. Karena makin banyak orang yang berkerumun makin besar terpapar virus corona. Apalagi tempat wisata bisa didatangi oleh orang-orang dari luar kota yang berpotensi lebih besar terpapar virus corona.

Walaupun corona belum juga hilang, sebagian masyarakat seolah tidak menghiraukannya. Terbukti tempat-tempat wisata yang sulit untuk tidak berkerumun penuh oleh pengunjung. Untuk itu kita lebih baik menjaga jarak aman serta berusaha tidak bersentuhan dengan orang lain yang ada di tempat wisata. Dan yang paling aman adalah kita segera pulang ke rumah atau bahkan meniatkan diri untuk tidak mengunjungi tempat wisata selama pandemi corona.

Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga lebih dari sekedar harta benda. Seperti halnya harta benda, kesehatan pun harus kita perjuangkan untuk bisa kita raih. Semoga virus corona segera hilang dari bumi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.