Sejarah Batu Terbakar
Senin, 9 Desember 2019 | 16:39 WIB

Sejarah Batu Terbakar

Kisah ini diambil dari kisah nyata di sebuah kampung.
Sejarah Batu Tebakar
Photo :
  • vstory

Sejarah Batu Tebakar

VIVA – Batu terbakar merupakan rumah yang tersambar oleh petir sehingga menjadi sebuah batu yang mempunyai lorong berbentuk pintu rumah untuk masuk ke dalamnya. Batu terbakar ini berada di sebuah bukit yang bernama Bukit Mantet.

Bukit ini terletak di Kampung Kubing, Desa Peruan Dalam, Kecamatan Tayan Hulu sekitar 3 jam perjalanan darat dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dahulunya di bukit ini terdapat  beberapa rumah orang yang hidup di atas bukit tersebut. Di atas bukit tersebut juga terdapat batu yang menyerupai kepala babi yang ikut tersambar oleh petir.

Dikisahkan oleh beberapa orangtua yang mengetahui kejadian batu terbakar dikatakan zaman dahulu ada beberapa rumah di sebuah kampung, di kampung tersebut ada yang membuat acara (syukuran), dan di acara tersebut ada seorang anak dia hanya tinggal sama neneknya karena dia sudah tidak mempunyai orangtua.

Anak kecil tersebut pergi ke rumah orang yang membuat acara (syukuran) itu, dia melihat orang-orang yang pada sibuk sedang mengerjakan lauk untuk acara (syukuran) itu.

Anak itu minta lauk, dan dikasilah lauknya itu, anak itu pun senang dan pulang bawa lauknya. Lauk yang dibawanya itu pun diberikan ke neneknya supaya lauk itu dimasak oleh neneknya, lalu lauk itu neneknya masak. Tak lama kemudian lauk itu pun masak sih anak itu pun langsung menyantap lauk itu sampai habis.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

Topik