Melawan Lupa, Jejak Kemerdekaan Indonesia di Desa Gumelem Banjarnegara
Kamis, 26 Desember 2019 | 16:27 WIB

Melawan Lupa, Jejak Kemerdekaan Indonesia di Desa Gumelem Banjarnegara

Di tempat ini dulunya berdiri sebuah markas para pejuang melawan penjajah Belanda.
Tugu prasasti sebagai peringatan perjuangan pahlawan. Foto: Satrio Mur Bayu
Photo :
  • vstory

Tugu prasasti sebagai peringatan perjuangan pahlawan. Foto: Satrio Mur Bayu

VIVA – Dalam menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tak ada salahnya jika mampir ke tempat bersejarah untuk mengenang jasa dan darah para pahlawan yang berada di Dusun Dares, Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Prasasti perjuangan melawan penjajah Belanda misalnya, tanpa adanya para pejuang yang rela berkorban, maka Indonesia tidak akan merdeka. Hal itu merupakan perjuangan yang sangat luar biasa, belum lagi di tempat inilah, banyak para pejuang yang gugur dalam medan pertempuran.

Dahulu di tempat ini terjadi perlawanan terhadap penjajah Belanda oleh prajurit Indonesia di bawah Komando Divisi II/Gunungjati khususnya di wilayah Banyumas bagian selatan pada tahun 1947/1948 yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Sapari Satyadibrata sebagai komandan wilayah.

"Tempat berdirinya prasasti ini dulunya markas para pejuang yang melawan Belanda,” jelas Sugianto, warga sekitar prasasti (23/12/2019).

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

Topik