Mengejutkan, Arca Ganesha Terbesar Ditemukan di Dieng

Proses penggalian area penemuan arca Ganesha. Foto: istimewa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seorang petani di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo menemukan sebuah arca Ganesha yang dipekirakan sebagai arca terbesar di daerah Dieng, Jawa Tengah selama ini. Arca Ganesha yang ditemukan oleh petani itu berada di kedalaman 50 cm dan di area perkebunan kentang.

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

"Lokasinya sebelah selatan Majid Dieng Wetan," kata Tusar, petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (29/12/2019). Arca yang ditemukan memiliki tinggi 140 cm dan lebar 120 cm, saat ditemukan posisinya sudah tanpa lengan dan kepala. Selain itu, bagian kepalan tangan dan belalai ditemukan terpisah.

Sampai saat ini, posisi arca Ganesha masih berada di lokasi ditemukan. "Kami masih menunggu instruksi dari kantor BPCB, terkait penemuan arca Ganesha ini. Termasuk apakah akan dilakukan penggalian lagi di sekitar lokasi atau tidak. Kemungkinan kepastiannya besok," jelas Tusar

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dieng, Aryadi Darwanto, mengungkapkan jika penemuan arca ini mencatatkan sebuah hal baru. "Arca Ganesha yang baru ditemukan ini sangat besar. Jika dibandingkan sama arca lain yang pernah ditemukan di Dieng, ini adalah yang paling besar," ungkap Aryadi.

Pada bagian kaki arca ini juga terdapat motif teratai. Berdasarkan informasi didapat, selain ditemukan arca Ganesha, juga ditemukan bagian dari sebuah atap candi. "Apakah di sekitar tempat penemuan arca dana atap ini terdapat sebuah candi atau tidak itu perlu dikaji lagi. Termasuk juga apakah akan dilakukan penggalian lagi atau tidak," pungkasnya?.

ASEAN Club Championship: Sejarah, Daftar Juara dan Prestasi Klub Indonesia
Mayat terpenggal suku Maya.

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Peradaban Maya, yang terkenal karena bukan merupakan satu kerajaan tunggal, tetapi merupakan kumpulan berbagai kerajaan kecil yang memiliki budaya bersama, yaitu ular.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.