Mengejutkan, Arca Ganesha Terbesar Ditemukan di Dieng
Senin, 30 Desember 2019 | 16:17 WIB

Mengejutkan, Arca Ganesha Terbesar Ditemukan di Dieng

Ditemukan di area perkebunan kentang.
Proses penggalian area penemuan arca Ganesha. Foto: istimewa
Photo :
  • vstory

Proses penggalian area penemuan arca Ganesha. Foto: istimewa

VIVA – Seorang petani di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo menemukan sebuah arca Ganesha yang dipekirakan sebagai arca terbesar di daerah Dieng, Jawa Tengah selama ini. Arca Ganesha yang ditemukan oleh petani itu berada di kedalaman 50 cm dan di area perkebunan kentang.

"Lokasinya sebelah selatan Majid Dieng Wetan," kata Tusar, petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (29/12/2019). Arca yang ditemukan memiliki tinggi 140 cm dan lebar 120 cm, saat ditemukan posisinya sudah tanpa lengan dan kepala. Selain itu, bagian kepalan tangan dan belalai ditemukan terpisah.

Sampai saat ini, posisi arca Ganesha masih berada di lokasi ditemukan. "Kami masih menunggu instruksi dari kantor BPCB, terkait penemuan arca Ganesha ini. Termasuk apakah akan dilakukan penggalian lagi di sekitar lokasi atau tidak. Kemungkinan kepastiannya besok," jelas Tusar

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

Topik