Ternyata, Lubang Kecil di Bawah Knalpot Motor Ini Punya Fungsi Penting

Lubang di bagian bawah knalpot sepeda motor
Sumber :
  • vstory

VIVA – Salah satu komponen terpenting dalam kendaraan bermotor, adalah knalpot. Pada sepeda motor, alat yang berfungsi menyalurkan gas buang ini umumnya dipasang di sisi samping bagian bawah.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Jika diamati dengan saksama, akan tampak ada lubang kecil di sisi bawah. Padahal menurut pandangan awam, seharusnya hanya ada dua lubang pada knalpot, yakni di kedua ujungnya.

Lubang kecil di bagian bawah ternyata punya fungsi yang cukup penting. Umumnya, lubang ini ada di knalpot buatan pabrikan sepeda motor.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

“Itu untuk saluran pembuangan air. Jadi kalau knalpot terendam banjir, nanti air keluarnya dari situ,” ujar Kepala Bengkel Astra Honda Authorized Service Station Bekasi, Rudi di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Menurutnya, knalpot standar memang lebih mudah untuk kemasukan air dibanding dengan knalpot racing. Karena, posisinya cenderung rendah. Itu sebabnya, mengapa disediakan lubang pembuangan air.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Jadi, para pengguna sepeda motor tidak perlu khawatir saat menerjang banjir hingga knalpot terendam. Air tidak akan terkumpul di dalam pipa panas tersebut. Oleh karena itu, pemotor harus memperhatikan hal-hal kecil yang ada di motor.

“Contohnya, kalau lagi cuci motor atau lagi lewat genangan, kan ada air yang masuk ke knalpot. Nah, itu dibuang di situ,” tuturnya.

Masalah perawatan, Rudi mengungkapkan, tidak ada tips khusus untuk itu. Tapi, dirinya mengingatkan agar para pengguna tidak membiarkan lubang itu tersumbat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.