Begini Cara Membuka Situs yang Diblokir, Dijamin Berhasil

Membuka situs yang diblokir
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Anda membutuhkan panduan membuka situs terblokir di Android, PC atau laptop, dan browser seperti Google Chrome jika selama ini aktivitas online Anda menjadi sering terganggu karena terganjal oleh blokir internet positif.

Penjelasan KPU Setop Tayangkan Grafik Real Count di Sirekap

Sebenarnya web yang diblokir Pemerintah melalui Kominfo merupakan suatu upaya untuk melindungi masyarakat agar dapat menggunakan internet secara aman dan nyaman. Namun, sepertinya sebagian orang merasa kurang puas dengan adanya pembatasan melalui mekanisme blokir IP tersebut.

Jika Anda mencoba membuka situs yang terindikasi sebagai situs berbahaya atau situs terlarang, maka secara otomatis internet positif akan muncul di layar smartphone atau PC Anda. Dan hal tersebut akan terus berlanjut meskipun Anda sudah mencoba mengakalinya.

Buat Situs Palsu Iming-Iming Sertifikat Keturunan Nabi, Pelaku Ngaku Otodidak

Lalu bagaimana caranya agar bisa membuka situs yang diblokir? Sebenarnya banyak trik untuk membuka situs terblokir, baik itu diblokir lewat Chrome web, Android, iOS, maupun gawai atau perangkat online lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

1. Membuka Situs Terblokir dengan VPN

Pembuat Situs Palsu Iming-iming Sertifikat Keturunan Nabi Raup Belasan Juta dari Korban

Cara membuka situs terblokir yang bisa Anda coba adalah dengan memasang aplikasi VPN (Virtual Private Network) di perangkat Anda. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan paling umum dilakukan oleh pengguna Android.

Aplikasi VPN bekerja dengan menghubungkan jaringan internet dengan jaringan lain melalui alamat IP yang berbeda. Menggunakan VPN akan memudahkan pengguna untuk berselancar secara bebas dan aman di internet. Anda bisa membuka situs jenis apapun.

2. Cara Buka Situs Diblokir dengan SSH

Selain mengandalkan aplikasi VPN, Anda juga bisa membuka situs yang diblokir dengan menggunakan SSH (Secure Shell). Fungsi SSH adalah sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Baik VPN maupun SSH bisa dikatakan memiliki karakteristik yang hampir sama. Bedanya, di sini Anda akan menggunakan pihak ketiga, terutama untuk proses SSH Tunneling.

Jika tertarik untuk memilih metode buka blokir situs dengan SSH, Anda juga bisa langsung menggunakan ponsel Android. Caranya terbilang cukup mudah, saya rasa Anda tidak akan menemukan kesulitan berarti.

3. Cara Membuka Situs Terblokir di Firefox PC

Tahukah Anda bahwa Anda dapat membuka situs yang terblokir di Google Chrome atau Mozilla Firefox cukup dengan memasang add-on. Jika Anda ingin mengakses situs terblokir lewat PC, Anda hanya perlu memasang add-on Anonymox di browser yang terinstal di komputer Anda.

Anonymox menawarkan beberapa opsi proxy yang bisa disesuaikan dengan keinginan sendiri. Setelah add-on ini aktif di browser, Anda bisa dengan leluasa membuka website apapun tanpa ada pemblokiran.

4. Cara Membuka Situs Terblokir Tanpa Aplikasi

Anda juga dapat mencoba membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan situs hide.me. Langkah-langkahnya sangat mudah dan tidak akan mengganggu kenyamanan Anda. Caranya, silakan Anda buka web browser, lalu buka tautan berikut: hide.me/en/proxy.

Jika halaman situs tersebut telah terbuka, masukkan alamat situs yang ingin Anda buka. Anda juga dapat mengubah lokasi proxy Anda. Apabila sudah, silakan tekan tombol berwarna kuning dengan tulisan "Visit Anonimously". Silakan Anda tunggu sampai situs web yang Anda inginkan terbuka dengan sempurna.

5. Cara Membuka Situs Terblokir dengan Browser Opera

Jika di komputer atau laptop Anda sudah terpasang web browser Opera, maka Anda tidak perlu menambahkan add-on atau aplikasi apapun untuk bisa mengakses website yang diblokir. Opera sudah menyiapkan fitur VPN di dalamnya sehingga Anda bisa mengaktifkannya kapanpun Anda ingin mengunjungi situs yang masuk dalam daftar blokir internet positif. Bagaimana caranya?

Buka browser Opera di PC Anda. Lihat pada bagian disamping kotak URL. Klik VPN, lalu aktifkan (On). Dan jika Anda menggunakan mobile browser Opera Mini, berikut adalah cara membuka situs terblokir dengan Opera Mini. Buka Opera Mini. Tap icon Pengaturan atau Settings. Aktifkan VPN.

Ketika Anda merasa dibatasi karena akses internet terblokir untuk situs-situs tertentu, Anda sama sekali tidak perlu pusing karenanya. Banyak cara untuk membuka situs terblokir yang antara lain sebagaimana telah diinformasikan dalam ulasan di atas.

Apapun tipe perangkat yang Anda gunakan, baik itu komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai macam situs yang diblokir jika memang dirasa perlu untuk membuka situs tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.