Tempat Wisata Ini Kenalkan Anak Soal Pentingnya Manfaat Air

Taman Pintar Yogyakarta
Sumber :
  • RRI

VIVA – Air memiliki berbagai manfaat kebaikan untuk kehidupan dan sangat dibutuhkan manusia untuk hidup sehat. Air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, mengingat tubuh terdiri dari 60 persen air.  

Wahana Rivera Outbound, Bantu Anak Asah Ketangkasan, Mental, dan Keberanian

Kurangnya pengetahuan dan kesadaran pentingnya menjaga hidrasi dalam tubuh, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Penting diketahui status hidrasi yang sehat pada anak akan membantu mengoptimalkan fungsi kognitif, fungsi memori dan ketahanan fisik untuk mendukung performa anak di sekolah.

Oleh karena itu, pemahaman akan pentingnya status hidrasi pada anak dan isu seputarnya, dapat menjadi investasi terbaik untuk generasi yang lebih sehat.

Akhir Pekan ala Prabowo Subianto: Ke Toko Buku

Mengingat pentingnya manfaat air, sebuah perusahaan air minum bekerjasama dengan wahana rekreasi edukasi Taman Pintar kembali meluncurkan zona edukasi dengan nama ‘Zona Kebaikan Air’ yang merupakan pembaruan dari Zona Air sebelumnya yang sudah dibuat pada 2013 lalu. Zona Kebaikan Air ini berlokasi di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar, Yogyakarta.

Zona Kebaikan Air yang baru saja diperbarui ini dibuat semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi seperti, area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga & Rawat) yang memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air, area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam, area edukasi sumber air, area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) & edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplatik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak.

Mengenal Jendela Alam, Tempat Wisata Edukasi Anak di Lembang

Berbagai area dalam ‘Zona Kebaikan Air’ tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak-anak bukan hanya mengenai kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat namun juga diharapkan mampu memberikan edukasi seputar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah plastik secara bijak.

“Kami menyadari bahwa pemberian edukasi pada anak sejak usia dini tentang manfaat dan kebaikan air serta berperilaku yang baik dan benar untuk pemenuhan hidrasi sehat sangat penting, agar di masa mendatang mereka akan terus melakukan kebiasaan baik ini, untuk mengurangi risiko dampak negatif akibat kurangnya pemenuhan hidrasi yang sehat," terang Hydration Science Director PT. Tirta Investama, dr. Tria Rosemiarti lewat rilis yang diterima VIVA Senin 8 April 2019.

Bukan cuma menyediakan zona-zona penting untuk memperkenalkan pada anak tentang manfaat air juga asal-usul air. Di Taman Pintar ini, juga disediakan zona yang dapat mengedukasi anak-anak dan masyarakat, serta mendorong kebiasaan minum air guna membantu  meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia.

Lebih lanjut dr. Tria Rosemiarti menambahkan, “Dalam Zona Kebaikan Air terbaru ini, kami juga menyediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR)."

Ini, merupakan program kerja sama antara Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-AQUA, yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat membantu perubahan perilaku hidup yang lebih sehat, dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air dalam seharinya.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.